Posted on

Sistem Kerja SEO OnPage dan SEO OffPage

Sistem Kerja SEO OnPage dan SEO OffPage
Sistem Kerja SEO On Page Dan SEO Off Page – Menjelajahi ilmu SEO tidak akan ada habisnya, satu alat yang dapat meningkatkan trafik suatu Blog yaitu di tentukan oleh mesin pencari yang paling banyak di gunakan adalah Google. Sistem kerja SEO haruslah memiliki kinerja yang baik agar hasil yang di dapat sesuai dengan harapan dan bisa bertahan di SERP dalam jangka yang panjang.

Sistem kerja SEO terbagi menjadi 2 bagian, bisa di lakukan dari dalam dan juga bisa di lakukan di luar. Dalam istilah SEO sistem kerja tersebut di namakan dengan SEO On Page dan SEO Off Page. Apa itu SEO On Page dan SEO Off Page ? Berikut adalah Pengertiannya :
1. SEO On Page 
SEO On Page adalah sistem kerja atau cara optimisasi yang dilakukan dari dalam Blog. Sistem kerjanya adalah dengan cara sbb :
  • Memilih Template SEO Friendly. Template dapat berpengaruh pada SEO, terkadang design template yang bagus dan menarik belum tentu memiliki SEO yang bagus juga. Maka pilihlah template blog yang SEO friendly. Ada banyak template blog gratisan dengan tampilan premium namun telah disisipi hack SEO sehingga menjadi SEO friendly.
  • Pasang Meta Tags. Jenis Meta Tags yang biasa digunakan adalah meta description, dengan penggunaan meta description yang tepat dapat menambah kekuatan SEO blog di search engine. Fungsi dari Meta description adalah untuk memuat informasi yang mendeskripsikan halaman suatu blog. Meta description akan muncul pada snippet deskripsi di hasil pencarian google. Selain meta description, ada pula meta keyword, meta author, dll.
  • Pergunakan Keyword Pada Title Blog. Tampilan Judul menjadi tampilan utama yang di lihat oleh pengunjung blog, maka ada baiknya menggunakan keyword yang di targetkan pada title blog.
  • Memaksimalkan keyword dalam postingan blog, tetapi tidak berlebihan agar tidak di anggap spam oleh search engine. Cara menempatkan keyword pada artikel yang baik dapat di sesuaikan dengan jumlah kata pada suatu artikel yaitu dengan cara membuat artikel yang tepat untuk SEO
2. SEO Off Page
SEO Off Page adalah sistem kerja atau cara optimisasi yang dilakukan di luar Blog dengan cara membangun backlink. Sistem kerjanya adalah sbb :
  • Melakuakan inbound link atau link dari blog/situs web lain yang nantinya mengarah ke Blog kita. Pilihlah link yang bermutu karena semakin bagus link tersebut maka akan semakin bagus pula reputasi Blog kita dimata search engine.
  • Membuat reciprocal link. Raciprocal dapat di lakukan baik dengan derektori, social bookmark ataupun bisa juga dengan bertukar link dengan blog/website lainnya.
  • Mendaftarkan blog dan artikel ke social bookmark atau direktori, berikan berkomentar di blog lain dengan meninggalkan link di form komentator. Pastikan komentar yang kita berikan adalah komentar yang bermutu dan sesuai dengan tema dan isi dari artikel pada halaman Blog tersebut.
Itulah cara sistem kerja SEO On Page dan SEO Off Page, untuk mengembangkan sebuah SEO memang di butuhkan ketelatenan karena perkembangan search engine terutama Algoritma Google yang selalu update.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *