Untuk optimasi website, tidak semudah hanya meletakkan link halaman website milik kita ke dalam halaman website lain. Kita wajib tau tipe backlink apa saja yang baik untuk optimasi website milik kita. Sebenarnya hal ini sudah banyak dijelaskan di berbagai website yang membahas tentang SEO. Namun, masih banyak yang masih belum paham, sebaiknya memakai backlink tipe apa saja.

Nah, di pembahasan kami kali ini, yaitu memberitahu kepada kalian 2 Tipe Backlink yang Perlu Kalian Ketahui Untuk Optimasi Website, apa saja ? langsung saja, yaitu:

– Dofollow
– Nofollow

Dua-duanya tersebut merupakan kode untuk memberi sinyal kepada bot search engine untuk ikut menelusuri atau tidak ikut menelusuri link website yang kita tanam di website lain (backlink). Misalnya kalian membuat artikel di website dummy atau blog dummy, lalu di dalam artikel tersebut terdapat anchor text yang disisipkan link website utama kita, secara default jika artikel sudah diatur menjadi dofollow, maka link website kita akan ditelusuri lebih jauh lagi setelah bot search engine menelusuri halaman artikel di website dummy tersebut. Namun, jika website tersebut sudah diatur setiap artikel yang disisipkan link selain wesbite dummy tersebut menjadi nofollow, maka bot search engine hanya akan menelusuri halaman yang ada di website dummy tersebut saja, walau pun sudah kita tanamkan link website kita di halaman website dummy tersebut.

Lalu Bagaimana Cara Untuk Mengetahui Tipe Backlink Dofollow atau Nofollow ?

Biasanya pemilik website yang sudah mempunyai nilai tinggi memproteksi website mereka dengan menjadikan websitenya tipe nofollow. Mengapa demikian ? Karena jika sebuah website dengan nilai tinggi tidak mengubah websitenya menjadi nofollow, akan banyak website lain dari luar menyerang website tersebut untuk dijadikan sarang backlink. Oleh karena itu, jika kita menemukan sebuah website yang diberikan kode nofollow atau jika dibuat dengan bahasa HTML seperti ini “rel=nofollow”, maka halaman website tersebut bersifat nofollow. Kita akan sangat sulit mendapatkan backlink berkualitas jika banyak website bersifat nofollow. Namun, masih bisa diakali, yaitu dengan membuat website dummy sendiri atau membayar pemilik website agar mau meletakkan link website kita di dalam halaman website mereka.

Contoh kode untuk membuat backlink nofollow: <a href=”http://www.websitenofollow.com” rel=”nofollow”>Cara Membuat Backlink Nofollow</a>

Banyak yang bertanya, lebih baik memakai backlink yang mana ? Menurut kami, lebih baik memakai backlink dofollow. Namun, kalian tidak akan mungkin menemukan website dengan sifat dofollow semuanya. Jadi, mau tidak mau daripada harus membuang banyak waktu hanya untuk mencari website dengan sifat dofollow atau nofollow, lebih baik cari tau otoritas (Page Authority dan Domain Authority) website tersebut.

Sebenarnya jika ingin memakai dua-duanya boleh juga, mengingat aturan dari search engine yang menyuruh kita membuat backlink yang natural. Aturan yang berlaku tersebut akan membuat kita membangun backlink dengan nilai Dofollow 70% dan Nofollow 30%.

Itulah sedikit pembahasan mengenai 2 Tipe Backlink yang Perlu Kalian Ketahui Untuk Optimasi Website. Terimakasih telah berkunjung ke halaman website ini.

referensi: www.anjrahweb.com/tutorial-seo/macam-macam-backlink-yang-bagus-dan-aman-untuk-blog-atau-toko-online/