Posted on

3 Cara Memanfaatkan Twitter Untuk SEO

Untuk meningkatkan SEO situs ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan mulai dari membangun link, mengoptimalkan kata kunci yang ditargetkan, dan melakukan riset ini itu agar bisa dapat spot yang terdepan di halaman mesin pencarian organik. Tahukah Anda jika Twitter bisa jadi pintu lebar untuk meningkatkan peringkat situs Anda di halaman pencarian Google? Google dan Twitter memiliki hubungan yang cukup erat di mana Google juga melakukan indeks untuk setiap tweets yang di-post di Twitter, membuat Twitter bisa jadi target empuk Anda untuk optimasi SEO yang lebih simpel dan tidak makan biaya yang banyak. Bagaimana caranya menggunakan Twitter untuk menjadi bagian dari strategi SEO?

 Bagikan konten secara otomatis ke Twitter

Twitter adalah salah satu media sosial yang laris digunakan untuk kepentingan bisnis dengan pengguna yang sudah mencapai lebih dari 300 juta di seluruh dunia. Setiap tautan yang Anda post di  tweets Anda akan masuk hitungan Google untuk meningkatkan peringkat Anda di halaman hasil pencarian organik. Oleh karena itu setiap Anda membuat konten baru di situs atau blog Anda, pastikan untuk selalu membagikannya secara otomatis ke akun Twitter bisnis Anda. Ada berbagai macam plug ins yang bisa Anda gunakan untuk membagikan konten secara otomatis tanpa harus melakukannya secara manual.

Membagikan kembali konten yang sudah ada

Tidak masalah jika Anda ingin membagikan kembali konten yang sebelumnya sudah dibagikan kepada pengikut media sosial Anda, asalkan jangan dilakukan di hari yang sama. Membagikan ulang konten ke Twitter akan menambah visibilitas indeks situs Anda di Google yang memang membutuhkan konsistensi dan juga penambahan jumlah shares. Gunakan tool yang bisa membagikan konten yang ada pada situs atau blog Anda secara otomatis dan terjadwal, misalnya menggunakan Buffer. Jadwalkan pembagian konten yang sesuai dengan waktu aktifnya target audiens Anda namun hati-hati jangan sampai melakukan spam.

Optimalkan bio pada profil

Pengguna yang tertarik dengan brand Anda dan ingin mencari tahu lebih jauh mengenai brand Anda biasanya mencari akun media sosialnya dengan mengetikkan nama brand di kolom pencarian Google. Oleh karena itu pastikan Anda menggunakan nama brand untuk menjadi nama akun agar Google bisa meletakkan profil Twitter brand Anda pada hasil teratas. Kemudian pada bagian bio profil isi dengan kata kunci yang relevan dengan brand Anda dan jangan lupa cantumkan situs brand Anda.  Anda juga bisa menggunakan fitur pinned tweet untuk meningkatkan traffic pada landing page yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *