Posted on

3 Prinsip SEO Wajib Anda Pegang Di Tahun 2018

Apakah Anda sedang mengincar visibilitas organik yang lebih tinggi untuk strategi SEO tahun ini? Jika  ya maka ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan karena Google terus melakukan perubahan mengenai faktor-faktor yang bisa meningkatkan peringkat situs di halaman pencariannya. Apa yang menjadi fokus Anda tahun lalu bisa jadi sudah tidak relevan lagi untuk di tahun 2018 ini. Berikut adalah hal-hal krusial yang harus Anda ketahui sebelum melakukan kesalahan dalam menerapkan teknik SEO yang sudah ketinggalan jaman.

Indeks Google yang mengutamakan mobile

Era sekarang adalah eranya mobile di mana pengguna internet lebih banyak menggunakan waktunya untuk melihat ponsel/tablet dibandingkan dengan membuka internet via desktop. Sejak tahun 2016 Google sudah mengumumkan akan memberikan prioritas indeks pada konten yang mobile-friendly dibandingkan yang tidak. Dengan demikian pastikan situs Anda adalah situs responsif dan tidak masih menggunakan “m-dot”, buat konten yang konsisten bagi pengguna mobile yang sekaligus juga bisa dinikmati pengguna desktop, dan pastikan waktu loading halaman Anda tidak lebih dari 5 detik. Anda bisa menggunakan tool ini untuk mengecek apakah situs Anda mobile-friendly atau tidak.

Jangan abaikan mesin belajar Google

Google menggunakan mesin belajar RankBrain untuk mempelajari interaksi antara pengguna dengan halaman hasil pencarian organik dan sangat krusial untuk menentukan peringkat sebuah halaman pada hasil pencarian Google. Dua faktor yang menjadi pertimbangan utama RankBrain dalam menentukan peringkat adalah CTR dan dwell time. Anda bisa memprioritaskan kata kunci yang masuk ke kategori 5 besar namun memiliki CTR di bawah 10% untuk kemudian ditingkatkan kualitas judul dan juga deskripsinya. Dwell time adalah waktu yang terjadi antara klik satu link hasil pencarian Google kembali ke halaman hasil pencarian. Untuk ini Anda bisa memanfaatkan Google Analytic untuk membantu Anda mengidentifikasi bagian konten yang harus dioptimalkan agar dwell time-nya lebih lama. 

Jaman mengandalkan guest posting sudah lewat

Backlink memang masih jadi faktor yang signifikan untuk SEO namun hanya mengandalkan dari guest posting saja hanya akan membuang investasi link building Anda. Daripada fokus mencari influencer yang mau melakukan guest posting untuk Anda, lebih baik fokus untuk meningkatkan kualitas konten yang kuat agar influencer yang menawarkan blognya untuk menjadi tempat guest posting. Konten yang buruk tentunya juga membuat influencer enggan melakukan guest posting untuk backlink Anda karena bisa memengaruhi reputasinya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *