Posted on

3 Trend SEO di Tahun 2018 yang Harus Anda Perhatikan

3 Trend SEO di Tahun 2018 yang Harus Anda Perhatikan

Dunia internet semakin berkembang dari hari ke hari. Sekarang ini semakin banyak orang yang menggunakan internet sebagai media bisnis. Hal ini berarti persaingan SEO akan semakin ketat. Apalagi tiap perusahaan pengembang mesin pencari selalu mengubah algoritmanya demi meningkatkan kualitas hasil pencariannya. Kalau Anda ingin website Anda tetap bertahan di halaman pertama mesin pencari, Anda harus senantiasa mengembangkan teknik SEO Anda. Agar Anda tahu teknik SEO seperti apa yang perlu menjadi fokus perhatian, Anda harus tahu trend SEO terkini seperti misalnya trend SEO di tahun 2018 berikut ini:

Voice Search

Google melaporkan bahwa 1 dari 5 user internet memilih menggunakan voice search daripada mengetik keyword untuk menemukan apa yang mereka cari. Google juga melaporkan bahwa setiap harinya ada sekitar 55% remaja dan 40% orang dewasa pengguna internet yang menggunakan fitur voice search dan semakin hari persentase ini meningkat lebih cepat dibandingkan persentase yang mengetikkan kata kunci. Para pengguna voice search biasanya menggunakan kalimat tidak baku yang sesuai dengan bahasa percakapan saat menentukan kata kunci atau keyword. Berbeda dengan user yang menentukan keyword dengan cara mengetik yang cenderung menggunakan kalimat dalam bentuk baku. Mengetahui hal ini maka Anda perlu menciptakan keyword dalam bentuk baku dan tidak baku sebagai bagian dari strategi SEO Anda. Dengan begitu, algoritma voice search mesin pencari bisa menangkap keyword yang Anda buat.

Backlink

Membangun link dengan website lain masih menjadi rekomendasi untuk membuat strategi SEO. Tapi tren SEO 2018 sekarang sudah tidak lagi berfokus menjalin link dengan website-website populer tapi lebih fokus pada membangun link dengan website yang relevan dengan website yang Anda kelola. Strategi SEO ini akan memberikan gambaran yang lebih kuat mengenai bidang yang digeluti website Anda. Dengan begitu mesin pencari pun akan lebih mudah menemukan website Anda ketika user membuat keyword yang relevan dengan bidang fokus website Anda. Lagipula membangun kontak dengan website sejenis lebih bermanfaat di kemudian hari bagi perkembangan website Anda.

User experience

Di tahun 2018 Google telah membuat pernyataan bahwa user harus menjadi fokus utama sebuah website. Jadi website yang terbukti bisa bermanfaat bagi user akan lebih diutamakan pada halaman pertama hasil pencarian. Caranya bagaimana mengetahui website kita bermanfaat bagi user? Mudah saja. Perhatikan bagaimana kebiasaan user yang mengunjungi website Anda. Jika dalam waktu 30 detik user sudah keluar lagi dari website Anda, itu berarti user merasa website Anda tidak memberikan user experience yang memuaskan. Bisa karena konten yang tidak informatif, konten yang tidak sesuai dengan judul, website interface yang membingungkan, waktu loading konten lama, dan lain sebagainya. Anda perlu mencari tahu apa penyebab user meninggalkan website Anda dengan cepat dan segera perbaiki website Anda untuk meningkatkan user experience.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *