Posted on

4 Trend SEO 2018 yang Bakal Meningkatkan SERP

4 Trend SEO 2018 yang Bakal Meningkatkan SERP

Bagi yang telah menggeluti SEO (Search Engine Optimization) sejak dulu, pasti pernah mengalami masa-masa di mana sangat mudah untuk mengoptimasi keyword dan mendapatkan backlink guna meningkatkan hasil pencarian. Tapi, di tahun 2018 semuanya telah berevolusi. Mungkin akan ada banyak hal yang berubah, bahkan sudah tidak bisa digunakan lagi untuk mengoptimasi situs di mesin pencari.

Trend SEO 2018

Sebagaimana yang kita tahu, 2017 telah berlalu dan sudah saatnya untuk mulai memikirkan rencana baru di tahun ini. Salah satunya dengan menyusun strategi berdasarkan trend SEO yang muncul di tahun 2018, seperti:

Voice Search dan Digital Assistant

Adanya teknologi pencarian dengan suara akan memberi peluang besar bagi perubahan dalam cara berkomunikasi serta memproses informasi. Meningkatnya digital assistant juga mempengaruhi pertumbuhan market yang bisa mengubah performa dari pencarian query. Dan benar saja, menurut Google 1 dari 5 pencarian dihasilkan oleh query suara.

Link Building

Link building diprediksi belum akan menghilang di tahun ini. Sebab, ia masih berguna dalam menciptakan strategi untuk memperoleh link yang berkualitas.

User Experience

Di tahun 2018, pengalaman pengguna masih menjadi sesuatu yang penting bagi SEO. Hal ini akan membuat banyak penggiat SEO yang berusaha untuk menyampaikan UX lebih lembut pada pengunjung mereka. Selain bisa meningkatkan traffic situs, dengan adanya UX juga membantu mesin pencari untuk menemukan website mana yang lebih bermanfaat bagi pembaca.

Mobile First Index

Sebetulnya, hal tersebut telah diumumkan oleh Google di tahun 2016 lalu. Dan saat ini 60% traffic pengunjung berasal dari perangkat mobile. Karena angkanya sudah cukup tinggi, kemungkinan besar Google tidak akan menunda lagi untuk penerapan Mobile First Index. Itu berarti situs yang versi mobile-nya tidak segera diperbaiki akan mengalami penurunan peringkat di search engine.

Siap dengan kedatangan trend SEO di tahun 2018? Sebagai pemilik situs, tentu Anda harus merencanakan jurus-jurus apa yang hendak dikeluarkan ketika menghadapi mereka dan berharap akan ada lebih banyak perubahan di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *