Apa Itu PBN (Private Blog Network) adalah jaringan situs web otoritas tinggi yang menghubungkan kembali di situs Money Site Anda (yang merupakan situs web utama Anda atau situs web tempat Anda menghasilkan uang).

apa itu pbn

Jaringan ini pada dasarnya dibuat dengan situs web yang memiliki otoritas tinggi karena itulah dapat membantu memberi peringkat lebih baik di Google.

PBN atau Private Blog Network biasanya dibuat dengan domain kadaluarsa karena merupakan sumber yang baik untuk memberi link ke situs web utama Anda. Fungsi PBN dalam SEO sangat signifikan jika Anda menggunakannya dengan bijak.

Fungsi PBN dalam SEO

Google menginginkan website  yang berada page one adalah website berkualitas yang benar-benar disukai oleh user, yaitu website yang mendapatkan banyak rekomendasi dari blog lain yang terpercaya maupun dari social signal.

1. Kontrol backlink Anda : Seperti yang disebutkan sebelumnya, backlink yang dibuat melalui PBN ada dalam kendali Anda karena dibuat melalui blog pribadi milik Anda.

Sehingga Anda dapat melihat kualitas, kuantitas dan frekuensi tautan balik yang Anda buat untuk situs web Anda selama periode waktu tertentu.

Itulah manfaat dan penggunaan yang utama dalam menggunakan Private Blog Network. Anda dapat menggunakan anchor text dan  memberi peringkat lebih tinggi secara alami di SERP ke Money Site Anda.

2. Lebih mudah dikelola : Banyak SEO yang percaya pada Private Blog Network daripada melakukan strategi lain untuk mendapatkan tautan editorial ke situs web mereka. Lebih mudah bagi mereka untuk mengelola blog pribadi daripada melakukan blog comment,guest blog atau cara lain untuk membangun tautan ke situs web mereka.

3. Meningkatkan Klien : Anda dapat menggunakan jaringan PBN untuk meningkatkan peringkat SERP orang dengan mudah dan efisien jika Anda memiliki PBN yang benar.

Anda dapat menggunakan PBN untuk membuat klien yang ada di halaman kedua dan ketiga hasil SERP dengan cepat menuju page one bahkan dalam singkat.

Baca Juga : Tips-Tips Menggunakan SEO

Strategi ini sangat membantu Anda yang berbisnis di dunia SEO, tapi strategi ini tidak banyak dipublikasikan karena bisa dibilang gray SEO.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda memahami apa itu PBN, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar 🙂 .