Posted on

Apa Itu yang Dimaksud Anchor Text Dalam SEO

Apa Itu yang Dimaksud Anchor Text Dalam SEO

Hallo kawan-kawan, kali ini saya mau memberitahu Apa Itu yang Dimaksud Anchor Text Dalam SEO.

Banyak sekali istilah dalam SEO, ada backlink, anchor text, dll. Sering kah kalian melihat ada tulisan berwarna biru dan ketika disorot mengeluarkan garis atau link di sebelah kiri bawah ? Itu disebut dengan anchor text dan jika menghasilkan untuk website lain atau halaman lain, itu disebut backlink. Kenapa bisa dinamakan anchor text, padahal anchor sendiri artinya bisa jangkar saja jangkar pada kapal laut ? Agar kalian tidak bingung, berikut ini penjelasan Apa Itu yang Dimaksud Anchor Text Dalam SEO.

Pengertian Anchor Text

Kalian tau jangkar ? jangkar berfungsi untuk ditanam. Nah, seperti itu lah anchor text, yaitu text yang digunakan untuk menanamkan link. Dengan menanam link pada teks, kita bisa membuat sebuah link untuk inboundlink (link masuk), backlink atau pun outboundlink (link keluar). Pengaruh anchor text ini sangat besar, apalagi jika kita mengincar keyword yang ingin diberikan backlink.

Mengenal Anchor Text

Ada yang belum tau bentuk anchor text ? Anchor text itu seperti ini bentuk dalam HTML-nya <a href=”http://kursusseo.org”>Kursus SEO</a>. Jadi, kalian sudah pernah ada yang tau kan bentuk HTML seperti itu. Ada lagi beberapa contoh anchor text, contohnya seperti di bawah ini.

  • <a href=”http://kursusseo.org/cara-cek-broken-link-pada-website-dan-mengatasinya/”>Cara Cek Broken Link Pada Website dan Mengatasinya</a>
  • <a href=”http://kursusseo.org/cara-cek-broken-link-pada-website-dan-mengatasinya/”>http://kursusseo.org/cara-cek-broken-link-pada-website-dan-mengatasinya/</a>
  • <a href=”http://kursusseo.org/cara-cek-broken-link-pada-website-dan-mengatasinya/”>Klik di sini</a>

Apa perbedaan dari tiga contoh di atas ? Manakah yang menurut kalian lebih baik penerapannya untuk SEO ? Berikut penjelasannya saya tuliskan di bawah ini.

1. Contoh ke 1, itu contoh yang paling baik untuk diterapkan, karena Google akan meng-crawl dan mengindeks link tersebut sebagai link yang anchor-nya “Cara Cek Broken Link Pada Website dan Mengatasinya”.
2. Contoh ke 2, link yang tidak aktif menjadi aktif ketika diberikan anchor dan Google bisa meng-crawl dan mengindeks link tersebut sebagai “http://kursusseo.org/cara-cek-broken-link-pada-website-dan-mengatasinya/”.
3. Contoh ke 3 ini memang masih benar dianggap anchor text, tetapi jika untuk dijadikan keyword rasanya sangat tidak relevan, karena tidak ada hubungannya link tersebut dengan anchor text “Klik di sini”, maka akan menjadi sia-sia untuk optimasi website. Untuk trafik bisa, tetapi untuk optimasi tidak baik. Walau pun masih bisa diakali dengan membuat title tag seperti ini <a href=”http://kursusseo.org/cara-cek-broken-link-pada-website-dan-mengatasinya/” title=”Cara Cek Broken Link Pada Website dan Mengatasinya”>Klik di sini</a>, tetap tidak bagus untuk optimasi.

Cara Optimasi Anchor Text

Tujuan optimasi anchor text yaitu untuk mengurangi terjadinya keyword density (banyak keyword yang berulang sama). Dampak keyword density ada banyak sekali, salah satunya terkena Algoritma Google Sandbox, artikel kita bisa hilang di hasil pencarian Google. Cara agar keyword yang kita buat tidak termasuk keyword density, kita bisa buat keyword bervariasi. Contoh keyword bervariasi seperti berikut ini.

  • <a href=”http://kursusseo.org/cara-cek-broken-link-pada-website-dan-mengatasinya/” title=”Cara Cek Broken Link Pada Website dan Mengatasinya”>Cek Broken Link</a>
  • <a href=”http://kursusseo.org/” title=”Cek Broken Link”>Kursus SEO</a>
  • <a href=”http://kursusseo.org/blog/page/2/” title=”Cek Broken Link”>SEO On Page</a>

Hasil dari bentuk HTML di atas seperti berikut ini, ada banyak variasi. Ini lah anchor text yang baik untuk SEO.

Itulah sedikit informasi mengenai Apa Itu yang Dimaksud Anchor Text Dalam SEO. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *