Posted on

Apa Itu yang Dimaksud Dengan Google Penguin ?

Apa Itu yang Dimaksud Dengan Google Penguin

Hallo kawan-kawan, kali ini Saya akan memberitahu Apa Itu yang Dimaksud Dengan Google Penguin ?

Google Penguin merupakan sebutan untuk update algoritma Google yang lainnya. Algoritma ini bertujuan menurunkan peringkat situs yang melanggar ketentuan Google Webmaster. Misalnya ada situs berisi kata kunci yang berpartisipasi di link skema yang sengaja membuat duplikat konten, dan lainnya. Banyak Blogger yang mengeluhkan menurunnya traffic pada blog mereka, karena terkena dampak negatif dari Google Penguin.

Asal-usul Nama Algoritma Google Penguin

Search Engine Land, sebuah majalah online populer meminta pembacanya memberikan saran untuk menamakan perubahan algoritma baru, di Google + dan Facebook. Beberapa saran di antaranya menyebutkan dengan nama “Pi”, “Ups”, “Shark update” dan “Titanic”. Kemudian pada 20 Mei 2012 pada Search Engine Panduan membandingkan algoritma dan deteksi spam dengan siklus hidup seekor penguin dengan indera penciumannya.

Pengaruh Penguin Pada Hasil Pencarian Google

Google Penguin berpengaruh untuk meningkatkan kinerja SERP (Search Engine Result Page) agar lebih optimal. Kinerja SERP yang optimal, akan membuat seseorang yang ingin mencari informasi di internet lebih cepat mendapatkan hasil yang sesuai apa yang dicari atau relevan dengan halaman situs blog tersebut. Jika ada situs blog yang bahasanya tidak sesuai atau tidak dimengerti oleh mesin pencari Google, maka situs blog tersebut akan masuk ke dalam spam.

Jika visitor pada blog terlihat berkurang, kita perlu waspada, karena hal tersebut merupakan kinerja dari Google Penguin. Situs blog yang sering melakukan kegiatan spam dan menggunakan teknik SEO secara curang pasti akan terkena penalty. Jika terkena penalty Google, maka beberapa halaman blog ada yang tidak akan diindeks oleh Google atau sebutannya deindex artikel. Hal ini sangat berpengaruh, karena jumlah halaman menghilang, maka jumlah visitor dari mesin pencari pun menjadi berkurang.

Agar situs blog kita terhindar dari penalty Google Penguin, kita harus ngeblog secara sehat. Walau pun jarang update konten artikel blog, asal tidak melakukan kecurangan bukan tidak mungkin akan tetap mendapatkan banyak visitor. Hal yang bisa membuat situs blog mendapatkan banyak visitor tanpa melakukan hal curang, yaitu dengan cara share konten artikel yang berkualitas ke banyak social media. Pokoknya jangan melakukan spam jika ingin mempertahankan banyak visitor datang berkunjung.

Itulah sedikit informasi mengenai Apa Itu yang Dimaksud Dengan Google Penguin. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat dipahami dan bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *