Posted on

Apa Itu yang Dimaksud SEO Off-Page dan Faktor Pentingnya

Apa Itu yang Dimaksud SEO Off-Page dan Faktor Pentingnya

Hallo kawan-kawan kali ini Saya akan memberitahu Apa Itu yang Dimaksud SEO Off-Page dan Faktor Pentingnya.

SEO Offpage merupakan jenis optimasi SEO yang dilakukan di luar dari halaman website kita. Misalnya kita promosi website kita ke beberapa sosial media atau menyebar link website kita ke beberapa website agar mengarah ke web atau blog yang kita miliki atau disebut juga link building. Sederhana dari hal tersebut adalah optimasi agar link website kita berada di website lain atau disebut dengan backlink. Kita harus mendapatkan backlink berkualitas dari website lain, bukan sembarang website, misalnya website yang mempunyai PageRank tinggi. Agar lebih mudah memahami silakan lihat faktor apa saja yang terdapat pada SEO Offpage berikut ini.

Backlink

Dalam mencari dan menanam backlink diperlukan website lain yang umurnya sudah tua dan pageranknya tinggi. Untuk membuat backlink pastikan anchor text yang dibuat bervariasi.

Sosial Media

Sosial media juga berperan penting dalam SEO, karena dari sosial media kita bisa mendapatkan traffik yang melimpah. Selain itu, dalam algoritma Google, sosial media juga sangat diperhitungkan, karena Google beranggapan sosial media banyak orang berkumpul dari berbagai belahan dunia. Visitor yang kita dapatkan dari sosial media dinilai Google benar-benar manusia asli, bukan robot yang menyusup ke website kita. Dengan sosial media kita bisa memperkenalkan website kita kepada banyak orang.

Sosial Bookmark

Setelah kita membuat artikel, kita wajib submit artikel di sosial bookmark. Jika kita submit artikel kita di sosial bookmark, maka artikel kita yang ada linknya secara alami ikut tertanam di sosial bookmark tersebut. Selain itu, sosial bookmark juga berfungsi untuk backup artikel website kita jika suatu saat website kita mengalami hal yang tidak diinginkan seperti dihack atau dibanned. Biasanya para Blogger menggunakan beberapa sosial bookmark yang populer seperti Pinterest, Delicious, Stumbleupon, Reddit, dsb.

Forum

Forum merupakan salah satu tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffik. Cara SEO nya adalah dengan rajin membuat post atau thread dan berkomentar pada post atau thread yang dibuat oleh orang lain dengan meninggalkan link yang ada pada signature yang mengarah ke website kita. Apapun jenis post atau thread harus relevan dengan apa yang sedang dibahas pada wesbite kita, dengan begitu kita bebas meletakkan link tanpa harus takut thread atau post yang kita buat akan dihapus.

Iklan

Mencari backlink dengan cara berkomentar pada website lain atau pun membuat thread pada forum memang sangat merepotkan, banyak memakan waktu dan banyak resiko seperti dihapusnya komentar atau thread yang telah kita buat. Bagi brand besar daripada memakan waktu lama untuk membesarkan nama brand mereka, lebih baik memakai cara seperti memasang iklan mereka di Facebook ads, Google ads (adwords) atau pun jenis iklan lainnya. Cara seperti ini memang terbukti ampuh dalam proses optimasi website, karena lebih cepat mendapat trafik dari hasil memasang adsnya, walau pun harus mengeluarkan biaya.

Artikel Directory

Artikel direktori sama saja seperti kita membuat artikel, tetapi kita membuat artikel untuk website orang lain. Namun, keuntungan dari cara ini kita bisa menyisipkan link website kita di dalam artikel direktori yang telah kita buat, apalagi jika website tersebut sudah bernilai tinggi.

Catatan :

Inti dari SEO Offpage ini, kita diperintahkan untuk memperkenalkan website kita agar reputasinya naik dan dianggap oleh Google, baik secara terang-terangan atau pun tersembunyi.

Itulah sedikit informasi mengenai Apa Itu yang Dimaksud SEO Off-Page dan Faktor Pentingnya. Semoga apa yang Saya sampikan dapat dipahami dan bermanfaat untuk kalian, kurang lebihnya mohon maaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *