Posted on

Apa Itu yang Dimaksud SEO On-Page dan Faktor Pentingnya

Apa Itu yang Dimaksud SEO On-Page dan Faktor Pentingnya

Hallo kawan-kawan kali ini Saya ingin memberitahu Apa Itu yang Dimaksud SEO On-Page dan Faktor Pentingnya.

Bagi kalian yang belum tau SEO, SEO itu dibagi menjadi dua jenis, yaitu SEO On-page dan SEO Off-page. SEO On-page merupakan jenis SEO yang digunakan untuk optimasi website atau blog dari dalam, mengacu pada struktur website atau blog dan kontennya. Sedangkan SEO Off-page merupakan jenis SEO yang digunakan untuk optimasi website atau blog dari luar, contohnya backlink atau memasang link pada website orang lain atau menyebar link ke banyak website berkualitas. Sebelum kalian belajar jauh tentang SEO On-page atau Off-page, lebih baik kalian belajar dahulu faktor penting pada SEO On-page berikut ini.

Judul

Judul yang dimaksud di sini, yaitu semua judul yang terdapat pada website atau blog. Kita harus membuat judul artikel yang sesuai dengan konten atau relevan. Disarankan judul artikel pada web blog maksimal 8 kata dan minimal 5 kata, karena mungkin saja orang lain mencari dengan jumlah kata yang sangat akurat.

Meta Deskripsi

Meta deskripsi sebenarnya digunakan cuma untuk mendeskripsikan isi dari halaman atau artikel. Meta deskripsi bisa kita buat pada awal paragraf artikel, contohnya ada di artikel ini. Jika kalian pengguna WordPress, maka bisa menggunakan plugin bernama Yoast untuk mengetahui seberapa besar nilai SEO meta deskripsi pada konten website kalian.

URL (Uniform Resource Locator)

URL biasanya disebut juga dengan link, berfungsi sebagai pemberitahu letak dari suatu halaman atau konten artikel. Dalam membuat URL pun agar SEO tidak boleh asal-asalan. URL ada beberapa jenis, ada URL yang hanya memberitahu dengan kode saja (contoh kursusseo.org/02112015 dan ada yang memberitahu dengan kata-kata (contoh kursusseo.org/apa-itu-seo-onpage). Paling disarankan URL berbentuk kata-kata daripada kode, karena dengan kata-kata kita bisa membuat target keyword yang paling dicari oleh orang lain dan ini terbukti sangat ampuh dalam SEO.

Konten

Konten sering dimaksud dengan artikel atau postingan. Dari segala yang ada dalam website atau blog konten bisa dibilang raja dalam SEO Onpage. Jadi, kita harus benar-benar membuat artikel yang berkualitas, original dan sangat informatif bagi para pengunjung atau pembaca. Dengan konten, kita bisa menaikkan posisi website pada mesin pencari dengan mudah.

Gambar

Gambar biasanya paling banyak terletak pada konten artikel, tapi sayangnya banyak yang tidak tau cara optimasi gambar. Pernahkah kalian mencari gambar pada Google Image, misalnya gambar tempat kursus website. Apakah gambar itu akan muncul begitu saja pada Google Image ? Memang gambar tersebut tidak akan muncul jika tidak diberi nama yang tepat sebelum diupload pada website. Selain itu, memberi tanda dengan Alt tag bahwa gambar tersebut relevan dengan konten artikel juga diperlukan. Apa itu Alt tag ? Akan Saya bahas di lain waktu. Cara ini sangat disarankan agar website kita teroptimasi bukan hanya pada halaman pencarian web Google saja, tetapi juga pada halaman pencarian gambar Google.

Desain

Apa kalian pikir website yang banyak widget itu bagus dan keren ? Website atau blog yang bagus harus mempunyai tampilan yang bersih dan tidak berantakan. Widget memang bermanfaat, tetapi hanya 10% saja yang bermanfaat, sisanya membuat tampilan website menjadi tidak enak dipandang. Sekarang adalah zamannya website atau blog dengan tampilan simple atau flat. Jadi, buatlah website atau blog dengan tampilan atau tema yang simple dengan 1-3 kombinasi warna.

Loading

Internet yang kencang memang bisa membantu membuka website lebih cepat, tetapi jika internetnya lambat, maka akan beda hasilnya. Agar website atau blog bisa dibuka di segala situasi, maka perlu membuat website menjadi ringan. Hal yang bisa dilakukan adalah mengganti tema atau template menjadi SEO friendly yang biasanya dirancang untuk membuat website menjadi ringan. Selain itu, mengurangi widget yang tidak terlalu diperlukan.

Catatan :

Intinya di dalam halaman blog atau di dalam konten terdapat banyak keyword yang kita incar. Usahakan membuat keyword unik dan tidak sama atau tidak berulang.

Itulah sedikit informasi mengenai Apa Itu yang Dimaksud SEO On-Page dan Faktor Pentingnya. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat dipahami dan bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *