Posted on

Apa yang Dimaksud Keyword Density dalam Dunia SEO

Apa yang Dimaksud Keyword Density dalam Dunia SEO

Hallo kawan-kawan, kali ini Saya akan memberitahu Apa yang Dimaksud Keyword Density dalam Dunia SEO.

Kita pasti sering menemukan istilah keyword density dalam dunia SEO, tapi kita tidak tau apa itu keyword density. Lebih jelasnya Keywords Density adalah persentase pengulangan kemunculan kepadatan kata kunci (biasanya berupa anchor text) yang digunakan dalam sebuah postingan, halaman hingga seluruh homepage blog atau website agar optimal pada hasil pencarian search engine. Contohnya sebuah teks yang terdiri dari 200 kata, jika sebuah kata muncul 10 kali, maka keyword density-nya adalah 5%. Dalam teknik SEO, persepsi mengenai keyword density sering dianggap menjadi salah satu faktor yang menentukan apakah kata kunci tersebut relevan dengan halaman web.

Kalian bisa memprediksikan kata apa saja yang paling banyak ditulis dalam artikel dan hitung pengulangannya, coba kalian tulis di notepad, hitung dengan rumus (Keyword Density = jumlah pengulangan keyword/total kata di seluruh halaman x 100). Jika kalian tidak mau repot, kalian bisa mengetahui atau mengukur kepadatan kata kunci dalam sebuah artikel dengan menggunakan tools keyword density checker (bisa cari di Google) atau buka www.webconfs.com/keyword-density-checker.php. Dengan memperhatikan hal ini dan mengikuti setiap perubahan Algoritma Google, memungkinkan artikel yang kita buat akan muncul di posisi terbaik pada mesin pencari. Namun, masih banyak faktor lain yang lebih berpengaruh, misalnya relevansi, dll.

Sangat penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan kata kunci yang tidak berlebihan atau terlalu rendah. Misalnya persentase keyword density 0%, ini mengakibatkan blog tidak relevan di mata mesen pencari, karena kurangnya keyword density. Jika persentase terlalu tinggi mencapai  50 %  juga tidak bagus, karena mesin pencari akan menganggap blog kalian adalah blog SPAM. Keyword density yang baik, yaitu tidak lebih dari 5%. Jika total pada suatu halaman itu 100 kata, maka jumlah pengulangan keyword maksimal adalah 5.

Perlu diketahui bahwa yang dihitung adalah pengulangan keyword termasuk keyword itu sendiri, bukan jumlah keyword. Keyword Density pada setiap search engine berbeda-beda. Jadi, ketika membuat artikel, lihat kata terbanyak yang digunakan, lalu periksa apakah terlalu banyak atau sedikit. Jika sudah terlalu banyak, tambahkan kata-kata pada artikel kalian. Jika sudah terlanjur dibuat, bisa cek dengan cara di atas.

Itulah sedikit informasi mengenai Apa yang Dimaksud Keyword Density dalam Dunia SEO. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *