Posted on

Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Format Konten

Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Format Konten

Hallo kawan-kawan, kali ini Saya mau memberitahu Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Format Konten.

Sebenarnya yang Saya bahas kali ini hampir sama seperti blog pada umumnya, yang jelas blog pasti ada isi kontennya, tetapi ini lebih dalam lagi. Blog jenis format konten merupakan blog berisi konten khusus seperti gambar, video, musik, link, dokumen, dan lain-lain yang tidak ada campur-campur apa pun. Jadi, kita tidak akan menemukan pada blog video sebuah file seperti game atau pun file jenis lainnya yang tidak sesuai. Berikut ini Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Format Konten.

Vlog

Jenis blog ini berisi banyak video yang banyak dicari oleh banyak pengguna di mesin pencari. Sama seperti blog pada umumnya, tetapi yang berbeda dari blog ini hanya berisi video yang sudah disesuaikan dengan kategori. Salah satu contoh Vlog, yaitu youtube.com/user/vlogbrothers.

Audioblog

Jenis blog ini berisi rekaman vocal, suara, music atau pun lagu sebagai konten utama, misalnya Podcast dan MP3 blog atau musicblog, yang memungkinakan file musiknya bisa di-download secara bebas. Contoh website yang sering dijadikan blog music, yaitu Souncloud.

Phlog

Jenis blog ini berisi konten khusus berupa kumpulan foto atau gambar. Blog ini sangat cocok untuk para penggemar fotografi yang ingin mempublikasikan karya-karyanya di internet, baik karya dari pemilik blog atau pun merupakan gambar atau foto milik orang lain. Contoh Photoblog, yaitu Website Devianart.

Spol

Splog biasa juga disebut sebagai spam blog. Jenis blog ini merupakan musuhnya bagi para Blogger, karena pada blog ini hanya berisi tulisan yang menipu dan tidak sesuai dengan apa yang disediakan, hanya untuk kepentingan pemilik blog. Banyak link aktif bertebaran yang disebar oleh para Blogger gadungan dan beragam iklan spam tidak jelas. Jenis blog seperti ini sangat banyak dimiliki oleh para spammer di Indonesia.

Blog Iklan

Jenis blog ini berisi kumpulan iklan baris. Blog iklan baris ini banyak sekali kita temukan di internet. Namun, sayangnya banyak sekali blog iklan baris dimanfaatkan oleh spammer untuk promosi sehingga konten terkesan sembarangan. Salah satu blog iklan baris yang cukup terkenal adalah Adfly.

Blog Download

Jenis blog ini berisi segala file yang dapat di-download oleh orang-orang. Isi dari blog tersebut banyak berisi file bajakan.

LinkLog

Jenis blog ini hanya berisi kumpulan link. Blog jenis ini berisi link menuju ke situs atau blog lainnya, blog ini juga dapat disertakan dengan review atau ulasan tertentu mengenai link yang mereka muat. Contoh linklog adalah Jennifer’s LinkLog.

Blog review

Jenis blog ini merupakan blog yang isinya memberikan review terhadap berbagai hal, seperti mengenai produk, jasa, media dan sebagainya yang dapat menjadi sebuah referensi atau pandangan awal para pembaca terhadap hal yang di-review atau ulas tersebut.

Blog survei

Jenis blog ini berisi konten yang biasanya berupa angka dan data yang digunakan untuk menilai berbagai hal yang disajikan untuk dipilih atau disurvei oleh para pengunjung sehingga memperoleh hasil yang berupa sebuah persentase.

Itulah sedikit informasi mengenai Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Format Konten. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat dipahami dan bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *