Posted on

Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Isi Kontennya

Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Isi Kontennya

Hallo kawan-kawan, kali ini Saya akan memberitahu Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Isi Kontennya.

Sebelum membuat blog pastikan kita akan menulis pada blog untuk jangka panjang, karena akan percuma jika blog jarang diupdate. Jangan biarkan blog sepi isi konten, isi saja blog dengan artikel yang kira-kira bisa berguna untuk orang lain atau menginspirasi orang lain. Kita bebas menentukan topic atau tema yang bisa diterapkan pada blog atau sesuai pengalaman di kehidupan sehari-hari kita tuangkan ke dalam blog. Untuk kalian yang masih bingung menentukan jenis blog apa yang mau kalian gunakan, berikut ini Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Isi Kontennya.

Personal Blog (General Blog, Online Diary, Online Journal)

Blog jenis ini bentuknya seperti buku harian, catatan atau jurnal, yaitu berisi tentang pengalaman pribadi (curhat), opini dan gagasan pemilik blog tentang berbagai hal atau topik. Biasanya blog ini dikelola oleh 1 orang admin atau pemilik blog itu sendiri. Tampilan dari websitenya pun sederhana, tapi warna-warni dengan desain tampilan yang terkesan ceria atau flat. Selain itu, biasanya fitur yang terdapat pada jenis blog ini sangat minim. Contohnya blog auliarahmahtnaz.blogspot.com.

Niche Blog

Blog jenis ini berisi postingan tentang suatu niche atau membahas satu topik tertentu. Biasanya blog jenis ini digunakan untuk monetisasi atau untuk menghasilkan uang. Desain tampilan blog ini sederhana, minim fitur, dan kontennya berisi satu topic, misalnya blog IT, blog kesehatan, blog politik, blog komunikasi, blog agama, blog bisnis (toko online), dll. Contohnya kursusit.org atau kursusseo.org, bisa dilihat konten dari blog tersebut, hampir semuanya berisi artikel tentang teknologi dan SEO.

Corporate Blog

Jenis blog ini biasanya terdapat pada website perusahaan yang biasanya berisi kebijakan, press release, konfirmasi dan profil perusahaan. Konten yang terdapat pada blog ini bervariasi, tetapi sesuai topic yang ada pada website dan berbeda dengan blog personal, walau pun isi kontennya campur aduk, karena blog ini merupakan representative atau menggambarkan suatu perusahaan. Karena blog jenis ini milik perusahaan, desain pada blog ini pasti premium, menarik untuk dilihat, banyak fitur dan warna tidak terlalu mencolok. Contohnya www.dumetschool.com/blog.

Product Blog

Jenis blog ini berisi tentang perkembangan suatu projek atau produk. Informasi yang disajikan selalu up date dengan desain yang sederhana. Contohnya adalah http://googlechromereleases.blogspot.com milik Google Chrome.

Itulah sedikit informasi mengenai Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Isi Kontennya. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat dipahami dan bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *