Posted on

Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Platform

Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Platform

Hallo kawan-kawan, kali ini Saya akan memberitahu Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Platform.

Setiap hari banyak blog baru atau pun Blogger baru yang ikut meramaikan dunia blogging. Dengan bertambahnya jumlah blog atau Blogger dengan beragam tema atau topik yang muncul setiap hari. Maka agar Blog yang dikenal sebagai web diary atau personal website (situs pribadi) itu tidak berantakan isi kontennya dibuatlah jenis-jenis blog tersebut. Berikut ini Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Platform.

Free Blog

Free blog atau biasa disebut blog gratisan adalah blog yang disediakan oleh penyedia layanannya, dari subdomain sampai hostingnya dan biasanya digunakan untuk catatan atau diary. Seiring perkembangan zaman blog ini bisa difungsikan mirip seperti website dan kita bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Blog gratisan ini mudah diketahui dari nama domain yang dipakai atau nama subdomain tempat membuat blog tersebut. Contoh blog gratisan, suryachandragobel.blogspot.com atau suryablablabla.wordpress.com, dll. Pada umumnya Blogger Indonesia membuat blog gratisan dari penyedia layanan blog gratis yang sangat populer seperti Blogspot, WordPress, Tumblr, dsb.

Self-Hosting Blog

Jenis blog ini hampir sama dengan blog gratisan, Cuma bedanya memakai domain yang dibeli atau berbayar, memakai hosting sendiri, tetapi tetap menggunakan Content Management System (CMS) gratis, seperti WordPress.org, Joomla, dll. Domain atau hostingnya dibeli atau menyewa ke penyedia domain atau hosting tersebut. Harga yang ditawarkan untuk membuat blog dengan domain sendiri cukup murah, harga untuk domain .com biasanya Rp.100 ribu dan ada yang sampai jutaan rupiah per bulan atau tahun. Contoh selfhosting blog yang menggunakan CMS WordPress, yaitu blog ini sendiri.

Micro Blog

Dari namanya saja kita sudah tau, micro berarti kecil, tapi bukan berarti ukuran tampilan websitenya yang kecil. Maksud dari micro blog, yaitu kita ngeblog, tapi tulisan atau teks terbatas, biasanya di bawah 200 karakter. Contohnya social media seperti Twitter, Facebook, MySpace, LinkedIn, dll. Namun, Facebok saat ini memungkinkan kita bisa menulis status panjang dan juga terdapat fasilitas Facebook Note yang berfungsi sama dengan blog biasa.

Corporate Blog

Jenis blog ini adalah blog yang biasanya terdapat di dalam sebuah website sebuah perusahaan atau lembaga. Selain menampilkan profil, kontak, produk atau jasa, website perusahaan atau lembaga biasanya juga memiliki kategori menu blog yang memuat informasi tentang perusahaan atau lembaga tersebut, trik atau tips agar orang tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan atau lembaga tersebut.

Citizen Journalism Blog

Jenis blog ini juga sama seperti jenis blog lainnya, gratis pakai. Blog ini disebut citizen jurnalisme, karena blog ini disediakan oleh media online komersial. Biasanya citizen jurnalisme berisi jurnalistik (pemberitaan, penulisan) yang yang ditulis oleh warga masyarakat (bukan jurnalis professional atau wartawan). Contoh jenis blog citizen jurnalisme yang paling populer adalah Kompasiana dan Blogdetik.

Itulah sedikit informasi mengenai Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Platform. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *