Posted on

Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Tujuannya

Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Tujuannya

Hallo kawan-kawan, kali ini Saya mau memberitahu Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Tujuannya.

Kalian perlu tau sebuah blog dibuat harus mempunyai tujuan. Memang fungsi blog sebagai diary atau catatan, tapi saat ini fungsi blog dibuat agar tidak monoton. Jadi, bagi kalian yang suka membuat catatan atau diary, lebih baik ubah kebiasaan tersebut agar mendapatkan hasil dari kegiatan blog. Agar kalian lebih paham tujuan dari blog, berikut ini Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Tujuannya.

Berorientasi Personal

Ciri khas blog jenis ini, yaitu kontennya membahas niche atau topik yang bervariasi dan biasanya menggunakan bahasa yang subjektif atau berorientasi pada penulis post. Misalnya blog auliarahmahtnaz.blogspot.com

Personal Branding

Blog jenis ini dibuat dengan tujuan promosi atau menjual jasa skill yang dimiliki penulis. Misalnya adalah membahas topik tertentu, penggunaan bahasa yang fomal atau semi formal dan konten blog menunjukan karakter penulis. Contoh blognya adalah sugeng.id, blog tersebut berisi kemampuan penulis dalam review dan jasa pembuatan template blog.

Monetisasi

Blog jenis ini biasanya bertujuan mendapatkan uang atau income dari pemasangan iklan di website atau blog. Blog jenis ini berisi banyak informasi yang ditampilkan untuk menarik banyak pengunjung, karena semakin banyak pengunjung yang datang ke blog ini, maka semakin besar uang yang bisa didapatkan, apabila ada yang membuka atau klik iklan tersebut. Faktor yang dibutuhkan blog ini, yaitu SEO atau share artikel ke banyak social media agar banyak yang berkunjung. Jika kalian melihat blog yang ada iklan dari Google, itu lah jenis blog monetisasi.

Portofolio

Jenis blog ini bertujuan untuk pameran atau menampilkan hasil karya dari pemilik blog seperti karya design, fotografi, dan comic. Ciri dari blog ini yaitu, berisi banyak gambar dibandingkan artikel berbentuk teks. Contohnya memecomic.id.

Katalog

Blog jenis ini bertujuan sebagai rujukan bagi pengunjung untuk mencari informasi yang diinginkan seperti katalog design atau katalog buku. Contohnya bestwebgallery.com atau cssgallery.com.

Itulah sedikit informasi mengenai Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Tujuannya. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *