Posted on

Beberapa Macam dan Jenis Level Backlink

Beberapa Macam dan Jenis Level Backlink

Dalam SEO untuk mencari backlink ada macam-macam caranya. Tergantung kita mau pilih yang mana, karena ujung-ujungnya hanya untuk mendapatkan backlink. Bagi kalian yang tidak mau repot ada cara mudah, tetapi hasil tidak memuaskan, tetapi bagi kalian yang mau melakukan hal yang merepotkan untuk mendapatkan backlink, maka hasilnya akan memuaskan. Nah, berikut ini ada Beberapa Macam dan Jenis Level Backlink yang bisa kalian pilih.

One Way Backlink

Backlink satu arah, yaitu link website milik kita diletakan pada website milik orang lain. Kita juga bisa membuat sendiri blog dummy atau landing page untuk meletakkan link website milik kita. Namun, jika kita meletakkan link website kita pada website lain tersebut, jangan letakkan lagi link website lain tersebut pada website kita, nanti malah menjadi backlink dua arah.

Banyak cara untuk melakukan backlink satu arah ini. Membuat artikel eksternal link pada blog dummy milik kita, berkomentar di blog milik orang lain (bisa juga di blog dummy milik sendiri), membuat eksternal link di thread berkualitas pada forum, guest book, link profile, dll.

Two Way Backlink (Reciprocal)

Backlink dua arah, yaitu pertukaran antara link website milik kita dengan link website lain. Jadi, kedua website sama-sama mendapatkan keuntungan atau istilahnya simbiosis mutualisme. Dahulu cara ini sering disebut link exchange, mungkin ada di antara kalian yang pernah merasakan hal ini. Intinya kalian harus sama-sama meletakkan (menukar) link website di tempat masing-masing.

Three Way Backlink

Backlink tiga arah, yaitu skemanya membentuk segitiga, di mana ada tiga buah link yang saling memberikan backlink. Untuk mendapatkan backlink yang benar-benar berkualitas dari backlink tiga arah ini dibutuhkan salah satu website yang mempunyai backlink berkualitas. Namun, sebenarnya kita bisa membuat sendiri backlink tiga arah ini menggunakan blog dummy, di mana ketiga website atau blog saling memberikan backlink membentuk segitiga sama sisi. Contoh website X memberikan backlink ke website Y, website Y memberikan backlink ke website Z, dan website Z memberikan backlink ke website X.

Perlu diketahui, cara ini ada untung dan ada ruginya. Salah satu website ada yang tidak mendapatkan backlink, misalnya X to Y to Z not to X dan bisa juga berbentuk segitiga X to Y to Z to X, agar lebih jelas kalian bisa menggambar skemanya.

Four Way Backlink

Backlink empat arah, yaitu berbentuk persegi, seperti backlink tiga arah, antara satu website dengan website yang lainnya saling memberikan backlink. Teknik ini juga bisa dilakukan dengan cara saling silang backlink antara satu website dengan yang lainnya. Skemanya A to B to C to D to A atau silang A to C dan B to D.

Perhatian

Menurut saya yang paling efektif dari semua jenis level backlink tersebut, yaitu two way backlink. Karena saling support dan saling menguntungkan antara website satu dengan yang lainnya. Namun, untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dari two way backlink ini cari website yang relevan atau satu tema (niche).

Bagaimana sudah pahamkah ? Itulah sedikit informasi mengenai Beberapa Macam dan Jenis Level Backlink. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *