Posted on Leave a comment

Beberapa Macam Teknik Untuk Membangun Backlink

Pengertian backlink sudah banyak bertebaran di website yang membahas tentang SEO. Namun, mungkin di antara kalian ada yang sudah lupa atau belum tau sama sekali. Singkatnya backlink merupakan link dari halaman website kita yang disisipkan pada halaman website lain. Backlink yang kita bangun ini berguna untuk mengangkat peringkat website kita di halaman pencarian search engine seperti google. Nah, berikut ini Beberapa Macam Teknik Untuk Membangun Backlink yang biasanya dipakai.

Link Satu Arah

Teknik yang satu ini dilakukan dengan cara memasang salah satu link website ke berbagai website lainnya. Contoh website A mendapatkan backlink dari website B, C, D dan E, tetapi pada website A tidak memberikan apa pun ke semua website tersebut. Semakin banyak link berkualitas yang mengarah ke website A, maka bukan tidak mungkin search engine seperti Google akan menganggap website A berkualitas. Ada banyak cara untuk membangun link satu arah ini, salah satunya bisa dengan cara berkomentar di blog orang lain, lalu sisipkan link pada Name/URL nya atau membuat website dummy yang diisi konten relevan, lalu pada konten website dummy tersebut sisipkan link website kita, jangan lupa website dummy-nya dioptimasi juga atau bisa juga meminta kepada pemilik website lain untuk menyisipkan link website kita.

Link Dua Arah

Sebutan lain dari link dua arah ini, yaitu Reciprocal Link. Biasanya teknik ini dilakukan dengan cara bertukar link. Website A memasang link menuju website B dan sebaliknya. Link dua arah ini ada untung dan ruginya. Jika dua website memiliki kualitas yang sama, maka untuk bertukar link tidak menjadi masalah, tidak ada yang rugi, tetapi jika dua website mempunyai kualitas yang berbeda, maka salah satu website ada yang dirugikan.

Link Tiga Arah

Teknik yang satu ini sangat jarang dilakukan, karena salah satu website akan ada yang dirugikan dan diuntungkan. Contoh ada 3 website, A, B dan C, website A dan B adalah milik si X dan website C adalah milik si Y. Website A mempunyai kualitas yang baik sedangkan website B kurang baik, lalu website C mempunyai nilai yang sama baiknya dengan website A. Nah, si X meminta website A disisipkan linknya pada website C, tetapi dengan balasan link website C milik Y disisipkan pada website B milik si X, maka website A mendapatkan keuntungan sedangkan website C merasa dirugikan.

Link Empat Arah

Hampir sama dengan link tiga arah, tetapi tergantung seberapa berkualitasnya masing-masing website yang mau bertukar backlink. Contoh ada website A, B, C dan D, website A dan B milik si X serta website C dan D milik si Y. Jika semua website tersebut mempunyai kualitas yang sama, tidak ada salahnya bertukar backlink, tetapi jika kasusnya seperti link tiga arah di atas, maka akan ada salah satu yang dirugikan. Misalnya website A milik X mendapatkan backlink dari website C yang berkualitas baik, tetapi giliran website D milik Y mendapatkan kualitas yang buruk dari website B, lebih baik tidak usah bertukar backlink.

Link Wheel

Empat buah website saling memasang link antara satu dengan yang lainnya. Misalnya website A ke website B, website B ke website C, website C ke website D dan website D ke website A. Cara ini sebenarnya terlihat alami menurut Google, tetapi sama seperti link tiga arah di atas, jika salah satu website mempunyai kualitas yang rendah, maka akan ada yang dirugikan.

Link Pyramid

Dari semua teknik untuk membangun backlink di atas, cara yang satu ini sangat disarankan Google dan pakar SEO, karena ini sama dengan membangun backlink satu arah. Contoh ada money site, tier 1, tier 2 dan tier seterusnya. Cara seperti ini sama dengan bangunan pyramid, yang paling atas (money site atau website utama) akan semakin merasakan efek yang luar biasa, diangkat atau digotong oleh website-website di bawahnya. Bagaimana cara membuatnya ? saya belum membuat pembahasannya, kalian bisa cari dulu di Google, teknik link pyramid ini.

Itulah artikel pembahasan mengenai Beberapa Macam Teknik Untuk Membangun Backlink. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian. Jika ada masukan, silakan hubungi kami, terimakasih.

referensi: totomustofa.blogspot.com/2011/03/beberapa-macam-backlink.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *