Posted on

Beberapa Teknik SEO yang Sudah Tidak Perlu Diterapkan

Beberapa Teknik SEO yang Sudah Tidak Perlu Diterapkan

Hallo kawan-kawan, kali ini saya mau memberitahu Beberapa Teknik SEO yang Sudah Tidak Perlu Diterapkan.

Dahulu banyak sekali teknik SEO yang bisa diterapkan, dari teknik standar sampai teknik yang tidak wajar pun masih sah-sah saja oleh google. Namun, karena semakin banyak orang yang menggunakan teknik SEO yang tidak wajar tersebut, akhirnya google membuat peraturan atau algoritma untuk mesin pencarinya tersebut. Jadi, orang-orang yang disebut master SEO dengan teknik tidak wajar tersebut semakin berkurang dan harus menggunakan teknik SEO murni atau berkualitas, bukan blackhat. Apa saja teknik SEO yang tidak perlu digunakan lagi ? Berikut ini Beberapa Teknik SEO yang Sudah Tidak Perlu Diterapkan.

Paid Blog Network

Beberapa tahun belakangan teknik ini sempat populer. Bagi blogger yang mempunyai uang, teknik ini bisa dibeli dengan cara membeli banyak jaringan blog untuk memasang link website atau blog mereka pada website atau blog populer. Namun, google telah mencium teknik ini dan akhirnya website populer tempat link website blogger berbayar bersemayam dihapus. Hal ini membuat website blogger jaringan berbayar tersebut kehilangan banyak backlink secara drastis dan ikut menghilang di hasil pencarian google.

Link Spam

Teknik ini juga dikenal dengan sebutan spamdexing. Teknik ini hanya memikirkan link website berada pada website atau blog orang lain, walau pun website tersebut berisi konten negatif dan berkualitas rendah. Teknik ini termasuk ke dalam teknik blackhat SEO. Untuk memanipulasi teknik ini digunakan cara sebagai berikut.

Spin content, yaitu teknik membuat artikel dengan cara menulis ulang, tetapi dengan cara mengcopy tulisan pada artikel website lain, lalu kalimatnya diubah agar tidak sama seperti aslinya. Namun, tulisan tersebut tidak beraturan dan sangat tidak enak untuk dibaca. Biasanya teknik ini dikombinasikan dengan teknik “Auto Blog Content”, yaitu artikel secara otomatis dipublish secara rutin. Saking banyaknya yang menggunakan teknik ini untuk menanam link website mereka pada artikel spin content ini, google mulai curiga dan akhirnya membuat algoritma tata bahasa untuk memeriksa artikel yang tidak dimengerti tulisannya.

Link Wheel, yaitu skema seperti roda atau lingkaran, dimana website utama hanya duduk manis, sementara link dari berbagai macam website atau blog memutarinya satu arah saja. Teknik seperti ini sangat tidak sehat untuk website utama yang ingin mendapatkan backlink. Oleh karena itu, google tidak mau website yang kita buat bisa cepat terindex pada mesin pencari google hanya dari backlink saja, google membuat algoritma dimana kualitas artikel yang akan membantu website cepat terindex di halaman mesin pencari.

Automatic Blog Commenting, yaitu teknik dengan menggunakan tools untuk berkomentar pada website atau blog orang lain secara otomatis tanpa melihat topik yang dibahas. Teknik ini sangat dibenci oleh para blogger, karena jika blog mereka telah populer dan ada yang berkomentar tidak nyambung, rasanya sangat memuakkan. Oleh karena itu, cara mengatasinya dengan moderasi komentar pada website atau blog kita supaya tidak ada komentar sampah yang sembarang masuk.

Sebenarnya masih banyak teknik yang sudah tidak diperlukan lagi dalam SEO. Namun, sebagian masih bisa digunakan jika cara menggunakannya tidak berlebihan.

Itulah sedikit informasi mengenai Beberapa Teknik SEO yang Sudah Tidak Perlu Diterapkan. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *