Posted on

Cara Cek Broken Link Pada Website dan Mengatasinya

Cara Cek Broken Link Pada Website dan Mengatasinya

Hallo kawan-kawan, kali ini saya ingin memberitahu Cara Cek Broken Link Pada Website dan Mengatasinya.

Kalian pasti pernah mengalami ketika klik sebuah link, misalnya link dari komentar artikel website, ternyata ketika dibuka website tersebut tidak ada (error 404 not found). Nah, itu bisa juga disebut dengan broken link, yaitu link mati, error atau tidak valid. Kita harus segera menghapus broken link tersebut jika ada pada website kita, karena mengatasi broken link merupakan salah satu tips untuk optimasi website. Agar website tidak ada broken link, berikut ini Cara Cek Broken Link Pada Website dan Mengatasinya.

1. Buka website brokenlinkcheck.com
2. Lalu ada form di sebelah kanan, langsung saja masukkan nama website kalian, lalu klik Find broken links.
3. Kemudian kalian akan diarahkan ke halaman selanjutnya, ketik Security code, lalu pilih salah satu pilihan “Report distinct broken links only” atau “Report all occurrences of each dead link”, yang mana saja terserah kalian.
4. Jika sudah menentukan pilihan, langsung klik Find broken links below, maka tunggu hasilnya hingga selesai dan muncul link apa saja yang rusak atau error.
5. Setelah ditemukan link rusak tersebut, kita bisa mencarinya pada sebuah komentar atau artikel yang terdapat link tersebut, kita lihat ada url dan src, pilih url dan buka link tersebut, kita bisa cek berada di artikel atau komentar manakah link error tersebut.
6. Kemudian jika sudah ditemukan, langsung hapus saja link tersebut atau perbaiki.
7. Setelah kalian merasa semua broken link sudah dihapus, cek kembali dengan langkah pertama, sampai tidak ada lagi pesan error.
8. Selesai.

Itulah sedikit informasi mengenai Cara Cek Broken Link Pada Website dan Mengatasinya. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *