Broken Link sangat lumrah terjadi pada suatu website, ini terjadi karena Anda mengedit website Anda, dan dengan tidak sengaja mengganti atau alamat URL yang dituju sudah tidak aktiv lagi. Maka perlu dipahami bagaimana Cara Gratis Cek Broken Link.

cara gratis cek broken link

Sumber gambar: Freepik.com

Apakah Broken Link berpengaruh terhadap SEO?

Broken Link atapun eror 404 sebenarnya tidak berpengaruh atau merusak SEO suatu web, hanya saja jika URL Anda berubah menjadi not found, maka Google akan menghapusnya dari index.

Banyak dari beberapa web mengarahkan atau redirect brokenlink ini ke halaman khusus 404, untuk menghindari brokenlink, namun ini bisa berdampak buruk.

Apa dampak buruknya mengarahkan brokenlink ke halaman 404? dengan cara ini Anda sebenarnya dengan tidak disadari sudah membocorkan poin buruk diweb Anda, yaitu dengan mengarahkan pengunjung ke halaman yang tidak bermanfaat, dengan cara ini Google menganggap Anda memberikan rujukan yang tidak berkualitas. Sehingga web Anda diindikasi tidak terawat.

Jika itu terjadi, tentu Anda paham apa yang akan terjadi. Yaitu Google menurunkan ranking Anda karena kualitas yang dianggap kurang baik.

Bagaimana cara gratis cek broken link ?

Jika Anda mengecek satu persatu tentu akan sangat melelahkan, dan dibutuhkan waktu lebih untuk mengecek link yang rusak. Maka diartikel kaliĀ  ini akan dibagikan cara mengecek broken link secara gratis dengan cepat.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Kunjungi https://www.brokenlinkcheck.com/
  2. Masukkan URL website Anda ke kolom yang tersedia
  3. Masukkan SECURITY CODE, lalu pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower)
  4. Lalu klik Find Broken Links Now !

Silahkan tunggu beberapa saat , semakin banyak link yang rusak maka semakin lama prosesnya.

Jika sudah Anda akan melihat tampilannya seperti dibawah ini.

broken link cek

Lalu, diapakan link yang rusak atau mati tersebut? Anda bisa mengedit dan menggantikannya dengan link yang baru, atau bisa dihapus.

Menurut backlinko.com Memiliki terlalu banyak link mati (broken links) pada sebuah laman bisa menjadi tanda kalau situs tersebut diabaikan atau ditinggalkan (pemiliknya). Google Rater Guideline Document akan menggunakan broken link sebagai salah satu cara untuk menilai kualitas sebuah homepageĀ