Posted on

Cara Melakukan Import pada WordPress

Cara Optimasi SEO pada Wordpress

Pada pembahasan sebelumnya saya sudah menjelaskan cara melakukan export pada wordpress. Setelah konten dari WordPress lama disimpan ke dalam format file XML, sekarang saatnya melakukan import file tersebut ke situs WordPress yang baru. cara ini sesuaikan untuk situs WordPress self-hosted, jadi sebelumnya kita harus memiliki hosting terlebih dahulu.

Cara Impor di WordPress

  1. Sign in ke account administrator WordPress yang baru
  2. Klik menu Tools » Import
  3. Pilih jenis konten yang ingin anda import. Dalam hal ini, silahkan memilih WordPress. Biasanya akan terdapat perintah untuk menginstal plugin WordPress Importer, jika di situs WordPress baru tsb belum terdapat plugin ini, maka klik Install Now.
  4. Tekan tombol Choose File dan pilihlah file XML nya dan Open.
  5. Lanjutkan proses impor dengan menekan tombol Upload file and import.
  6. Tunggu beberapa saat. Setelah itu akan ada halaman Assign Authors. Klik atau cek kotak Download and import file attachments supaya file-file atau gambar yang ada pada postingan blog ikut diimpor / terdownload. Disini juga bisa merubah nama penulis dengan membuat user baru, atau mengarahkannya ke user yang sudah ada.
  7. Tekan Submit.
    Tunggu sampai proses migrasi selesai, maka konten yang ada pada WordPress lama akan tercopy pada situs WordPress yang baru.

Setelah konten pada WordPress tersimpan di WordPress self-hosted, jangan lupa untuk melakukan SEO. Karena SEO penting sekali agar web atau blog yang kita buat terindeks oleh google. Belajar kursus SEO menjadi semkain mudah dengan adanya plugins SEO yang di sediakan oleh WordPress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *