Posted on

Cara Melihat Ranking Keyword Web di SERP Google

Cara Melihat Ranking Keyword Web di SERP Google

Ada 2 cara untuk melihar ranking keyword web di SERP Google yaitu dengan cara manual (tool gratis) dan berbayar. Bagi para pemula mungkin belum familiar bila ingin melihat ranking keyword web di SERP Google. Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara melihat ranking keyword web di SERP Google.

Sebelum kita bahas cara melihat ranking keyword web di SERP Google ada hal yang perlu Anda ketahui bahwa posisi ranking di Google bisa berubah tergantung pada lokasi. Misalnya saja Anda sedang berada di Yogyakarta dan ranking blog Anda ada di halaman 1 nomor 2. Tapi jika ada orang lain dalam waktu yang sama berada di Jakarta bisa saja blog Anda berada di halaman 2 nomor 1.

Jika posisi ranking yang tidak tentu karena lokasi seperti yang dideskripsikan di atas maka akan menimbulkan kesulitan untuk kita ketika ingin melihat posisi ranking keyword web jika menggunakan cara yang manual. Tapi tidak masalah, cara manual hasilnya lebih akurat daripada menggunakan tool, maka di artikel ini saya akan menggunakan cara manual untuk melihat ranking keyword web di SERP Google.

Cara Melihat Ranking Keyword Web di SERP Google

Kita gunakan IP Google untuk melihat peringkat blog milik kita. Cara menggunakan IP Google tinggal masukkan kata kunci seperti halnya sedang mencari sesuatu di Google. Untuk lebih jelasnya ikuti cara di bawah ini:

  1. Masukkan http://173.194.69.94/ ke halaman IP Google
  2. Jika sudah klik link tersebut maka akan terlihat tampilan yang sama dengan Google Search. Selanjutnya masukkan kata kunci yang ingin kita cek, misalnya “kursus SEO” lalu tekan Enter.
  3. Bisa dilihat bahwa muncul 10 hasil pencarian di halaman pertama Google. Perhatikan posisi blog kita berada dimana.

Itulah hasilnya. Semoga artikel Cara Melihat Ranking Keyword Web di SERP Google ini bermanfaat ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *