Posted on

Cara Membuat Artikel Berkualitas dan Standar SEO

Cara Membuat Artikel Berkualitas dan Standar SEO

Hallo kawan-kawan, kali ini Saya akan memberitahu Cara Membuat Artikel Berkualitas dan Standar SEO.

Dalam membuat artikel pada blog atau website ada hal yang harus diperhatikan, karena sebuah artikel berpengaruh terhadap meningkatnya traffik. Saat ini mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya terus melakukan update algoritma untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian mereka, karena search engine tersebut sangat memperhatikan faktor kepuasan pengguna menggunakan fasilitas pencarian mereka. Oleh karena itu, perlu diketahui Cara Membuat Artikel Berkualitas dan Standar SEO seperti berikut ini.

Judul Postingan

Mesin pencari selalu mengakses struktur artikel blog atau website mulai dari judulnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, meletakkan kata kunci pada judul postingan merupakan hal pertama yang harus kita lakukan. Dengan begitu artikel yang kita buat akan lebih bernilai jika kita menyisipkan kata kunci yang menjadi target. Selain itu, keunikan juga dperlukan dalam membuat judul postingan yang mungkin akan membuat orang lain tertarik untuk mengklik dan mengunjungi artikel yang kita tulis.

Biasanya mesin pencari lebih suka dengan blog atau website yang unik atau beda sendiri dari yang lainnya. Mesin pencari akan menganggap blog atau website kita tidak memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan antara milik kita dengan orang lain. Namun, jangan sampai keunikan yang kita buat malah merusak kaidah judul yang SEO Friendly.

Internal Link

Membuat artikel yang saling berkaitan akan menambah nilai SEO bagian dalam blog atau website yang disebut sebagai SEO Onpage. Meletakkan link artikel lain di dalam sebuah artikel atau internal link, terutama artikel yang masih baru akan berpengaruh dalam segi SEO Onpage. Dengan begitu kita tidak melupakan artikel lama yang pernah kita buat, kita bisa membuka kembali artikel yang pernah kita tulis dulu. Teknik ini digunakan agar trafik pada blog kita meningkat dan menambah wawasan pembaca tanpa perlu pergi ke blog lain.

Sinonim Keyword

Meletakkan banyak keyword pada sebuah artikel blog memang akan membuat mesin pencari cepat mengindex artikel blog kita. Namun, penyebaran keyword harus dalam ambang kewajaran, tidak terlalu berlebihan. Seringkali sebuah blog melakukan penumpukan keyword dalam sebuah konten, bahkan isi kontennya hanya keyword saja tidak ada variasinya. Biasanya blog seperti itu akan dianggap blog spam dan akan hilang pada mesin pencari.

Optimasi Gambar Postingan

Gambar pada postingan blog harus relevan dengan isi artikel yang kita buat. Gambar yang kita gunakan pada postingan blog pun harus informatif dan tidak membuat bingung pembaca. Mesin pencari menyediakan fasilitas pencarian khusus gambar yang disebut Google Image. Fungsi dari layanan ini mungkin kurang mendapat perhatian dari para surfer, padahal fitur ini bagus untuk meningkatkan trafik blog. Ada beberapa poin penting yang harus dioptimalkan dari sebuah gambar, yaitu ubah nama gambar sebelum diupload ke blog, letakkan keyword pada alt tag gambar, letakkan keyword title gambar, tuliskan deskripsi singkat gambar.

Jumlah Kata Postingan

Jumlah kata pada artikel menjadi pertimbangan konten yang SEO. Setiap artikel pada blog harus memiliki konten minimal 300 kata. Namun, jika tidak mampu kita bisa membuat artikel sebatas kemampuan kita menulis konten, tetapi sebisa mungkin kita harus berusaha meningkatkan jumlah kata dan kualitas konten. Yang jelas bukan hanya banyak kata pada artikel blog, tetapi juga harus terstruktur dan informative bagi pembaca.

Artikel Original

Sebuah blog harus memiliki artikel yang original buatan sendiri dan tidak ada satu pun artikel yang copy paste milik orang lain. Sebenarnya kita boleh saja copy paste hasil pemikiran orang lain, tetapi kita juga harus bertanggung jawab dengan mengubah artikel milik orang lain tersebut. Jika kalian mengikuti sebuah lomba blog, maka kalian akan mengetahui mengapa artikel yang kita buat harus original buatan kita sendiri. Karena artikel yang original baik untuk hasil pencarian pada mesin pencari, karena artikel yang original bisa memenangkan lomba blog.

Itulah sedikit informasi mengenai Cara Membuat Artikel Berkualitas dan Standar SEO. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat dipahami dan bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *