Posted on

Cara Membuat Artikel yang Baik Sesuai dengan Jenisnya

Cara Membuat Artikel yang Baik Sesuai dengan Jenisnya

Hallo semuanya, artikel kali ini yaitu Cara Membuat Artikel yang Baik Sesuai dengan Jenisnya.

Perlu kalian ketahui, artikel merupakan karangan pendek yang tulisannya berkisar antara 300 sampai 1.000 kata, membahas tema atau topik tertentu sesuai apa yang ingin ditujukan atau disampaikan dari pikiran penulis terhadap sebuah realita, baik berupa fakta, atau pun konsep.

Cara membuat artikel yang baik diperlukan untuk mereka yang pemula. Dengan begitu kalian akan belajar lebih banyak tentang dasar dari format penulisan artikel. Namun, tidak hanya itu, kalian harus memiliki pikiran yang banyak dengan ide-ide dan keinginan untuk mengekspresikan diri dalam bentuk kata-kata. Di samping itu, kalian hanya perlu membiarkan pikiran mengalir dengan bebas.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel, yaitu jenis artikel apa yang ingin kalian tulis. Nah, berikut ini Cara Membuat Artikel yang Baik Sesuai dengan Jenisnya.

Sebelum membaca terlalu jauh, di bawah ini lah yang terlebih dahulu harus kalian perhatikan.

Judul

Semua artikel pasti ada judul yang harus dibuat dengan menarik, jelas dan mudah untuk dipahami. Oleh karena itu, artikel yang bernada serius, ilmiah, medis, atau penelitian yang berorientasi, harus berjudul sederhana dan spesifik, jangan terlalu panjang.

Pengantar

Kata pengantar atau pembuka harus jelas dan bisa membujuk pembaca terus membaca sampai kalimat selanjutnya. Biasanya agar bisa menarik pembaca mengikuti artikel kita, bisa gunakan format “Kapan, Dimana, Siapa, Apa, dan Mengapa”.

Isi

Ini merupakan bagian yang paling penting. Dalam isi artikel, kita harus bisa membuat rincian atau penjelasan dengan contoh atau ilustrasi. Mulai dengan tulisan fakta paling penting hingga turun ke tingkat yang lebih rendah. Hal ini dilakukan agar pembaca tidak merasa berat membaca artikel kita dan dapat dicerna dengan mudah. Jangan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dalam satu paragraf.

Kesimpulan

Setelah kita menjelaskan artikel dengan spesifik atau rinci. Selanjutnya kita ringkas keseluruhan dari isi artikel. Hal ini dilakukan agar mendapatkan titik temu.

Setelah kita tau dasar apa saja yang diperlukan untuk membuat artikel. Selanjutnya kita tentukan jenis artikel apa yang kira-kira cocok untuk kita tulis.

Artikel Bebas

Jenis artikel ini termasuk artikel untuk diary atau personal. Kalian tidak perlu membuat artikel ini ditulis dengan kata-kata yang sangat baku atau formal, cukup dengan bahasa sehari-hari saja juga boleh.

Artikel Resep

Biasanya dalam artikel ini pendahuluan diawali dengan menggambarkan masakan dan kadang-kadang juga menjelaskan sejarahnya. Basa-basi yang menggoda akan membuat pembaca tertarik atau termotivasi dan terus mengikuti langkah-langkah yang ada. Jangan lupa resep yang ditulis harus jelas, tidak membuat pembaca menjadi bingung.

Artikel Persuasi (Motivasi)

Jika ingin menarik perhatian pembaca tentang artikel motivasi. Usahakan jangan mengada-ada, kalian bisa mengambil kata-kata bijak dari orang terkenal yang sangat menginspirasi. Biasanya, artikel motivasi ini diawali dengan mendeskripsikan masalah yang sedang dialami orang-orang. Kemudian, ada paragraf yang mulai membangkitkan semangat pembaca dengan kata-kata bijak atau pepatah yang membuat mereka bergetar. Gambar dan kata-kata motivasi yang tepat bisa membuat pembaca bangkit dan berterimakasih atas artikel kita yang memotivasinya.

Artikel Deskriptif

Jenis artikel ini biasanya sangat panjang dan membuat orang malas membaca. Namun, jika kita membuatnya dengan animasi atau gambar dengan tokoh terkenal, maka bukan tidak mungkin pembaca akan terus mengikuti tulisan artikel kita ini. Biasanya yang dijelaskan pada artikel ini, yaitu tentang sejarah yang sering terdapat pada pendidikan atau ilmiah, maka cara menulis artikel yang baik untuk artikel semacam ini haruslah ditulis secara formal.
Artikel ini biasanya mengikuti format pendahuluan – batang tubuh – kesimpulan dengan gamblang. Gunakan subjudul agar pembaca tidak merasa bosan, karena artikel terlihat terlalu panjang dan agar artikel terlihat ada sedikit jeda. Kesimpulannya adalah review singkat dari artikel dengan menyeluruh. Contohnya seperti pada makalah, karya tulis, dll.

Artikel Narasi

Artikel jenis ini ditujukan untuk menceritakan suatu kondisi atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian. Artikel ini berbentuk seperti cerita (novel, cerpen, komik, dongeng, film, drama, dll), dalam artikel narasi harus ada penokohan, seperti dalam cerita pada umumnya.

Artikel Eksposisi

Pernah lihat tips trik tentang komputer, blog atau website ? Nah, seperti itu lah artikel jenis ini, yaitu karangan yang bertujuan untuk menguraikan suatu topik. Dapat berupa uraian tentang definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Dapat juga berupa langkah, cara, tutorial atau proses mengerjakan sesuatu.

Artikel Review

Artkel jenis ini tidak harus mengikuti format tertentu, yang terpenting harus bisa menyampaikan pesan dengan informatif. Hal yang paling berat dalam membuat artikel ini, kita harus menulis spesifikasi atau pengalaman dengan nyata bukan dibuat-buat. Ketika sudah membahas point terpenting, jangan kembali lagi dan harus segera membuat kesimpulan dari apa yang kita review.

Itulah sedikit informasi mengenai Cara Membuat Artikel yang Baik Sesuai dengan Jenisnya. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

sumber : wedaran.com, caramenulisbuku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *