Posted on

Cara Membuat Artikel yang Tepat untuk SEO

Cara Membuat Artikel yang Tepat Untuk SEO

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat Artikel yang tepat dalam menjalankan teknik SEO. Apa sih Artikel SEO ? Artikel SEO adalah sebuah artikel atau konten yang di buat mengacu pada dua hal yaitu mesin pencari dan minat pembaca. Pada pembahasan sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai SEO Vs Konten, jadi pada dasarnya antara SEO dan Konten adalah satu kesatuan yang dapat mendukung dalam meningkatkan traffik pada blog tersebut.

Dalam membuat artikel SEO memang membutuhkan penelitian yang mendalam supaya informasi atau penjelasan yang kita tuangkan pada blog tersebut bisa mendapatkan potensi klik dari visitor / pengunjung yang akan meningkatkan traffik.

Dalam membuat artikel SEO ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat menghasilkan sebuah Artikel yang dapat membantu menaikan peringkat pada mesin pencari, di antaranya sbb :

  1. Memilih niche blog yang tepat.

    Niche Blog adalah topik atau tema pada suatu blog. Hal ini membantu dalam menentukan isi artikel pada suatu blog yang akan di buat.

  2. Melakukan Analisis Keyword

    Keyword yang baik di dalam sebuah konten memiliki peran penting dalam meningkatkan visibilitas halaman web/blog di search engine di samping upaya link Building. Dalam analisis keyword kita bisa mengunakan Riset Keyword

  3. Melakukan Analisis Kompetitor

    Untuk mempermudah menganalisa pada SEO kompetitor, ada beberapa hal yang harus di perhatikan, seperti :

  • Mengidentisifikasi pesaing SEO Anda.

  • Menilai kata kunci yang di targetkannya.

  • Menilai tingkat kesulitanya.

  • Memilih berdasarkan kriteria yang di tetapkan

  1. Menentukan Informasi

    Pastikan informasi yang akan di bahas pada artikel atau konten blog sudah jelas agar mempermudah dalam penyusunan kata-kata.

  2. Menentukan Judul Postingan

    Judul postingan pada blog dapat berpengaruh pada Keyword yang digunakan. Maka gunakanlah judul yang berhubungan dengan Keyword (kata kunci) yang akan di tuju. Atau letakkanlah kata kunci pada suku kata pertama.

  3. Mengoptimalkan Permalink

    Optimasi permalink pada judul postingan merupakan kombinasi dari target-target keyword yang menjelaskan isi dari postingan anda. Maka dari itu, judul postingan yang dibuat haruslah padat, tepat dan mengenai sasaran.

  4. Menempatkan Keyword Dalam Artikel

    Sebuah artikel akan yang bagus yaitu jika kepadatan kata kunci dari halaman berkisar antara 2% – 3% dari total jumlah kata dalam artikel tersebut. Sedangkan untuk jumlah kata yang ideal dalam sebuah artikel yaitu untuk ukuran Indonesia berkisar antara 500 -€“ 1000 kata, tetapi untuk bahasa Inggris bisa sampai 1200 kata. Beberapa pakar SEO dari luar mengatakan rata-rata ideal adalah 700 kata pada setiap artikel. Untuk perbandingan jumlah total kata dengan jumlah kata kunci dalam artikel seperti berikut :

  • 500 total kata : 10-20 kata kunci

  • 700 total kata : 14-21 kata kunci

  • 1000 total kata : 20-30 kata kunci

  1. Mengoptimalisasi dengan menggunakan atribut heading, bold, italic dan underline

    Penggunaan atribut heading atau format bold, italic dan underlinejuga memiliki fungsi penekanan. Pastikan menggunakan salah satu atribut atau ketiga format tersebut untuk memberikan penekanan pada kalimat, kata, atau keyword penting. Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu berlebihan.

    Penggunaan bold, italic, dan underline melalui styling (CSS) tidak saya anjurkan, karena tidak dibaca Google. Gunakan langsung fitur bold, italic, dan underline di atas post editor atau gunakan fungsi control di keyboard (CTRL+B/I/U), karena menggunakan tag HTML dan bukan styling

  2. Mengoptimalisasi Meta Description

    Meta tags description yaitu perintah didalam wujud kode html didalam template blog/web yang ada pada masing-masing halamannya. Fungsi dari meta tag description ini yaitu untuk mengemukakan ringkasan informasi dari satu judul halaman postingan pada Search Engine di mana ringkasan tersebut cuma tampak pada halaman index pencarian

  3. Menggunakan Internal & external linking

    Internak Link adalah link yang dibangun sebagai hubungan antara halaman yang bersesuaian dalam website atau blog itu sendiri. Dalam hal ini ketika blogger atau webmaster semakin banyak membangun link internal maka semakin baik pula navigasi web atau blog di mata search engine dan pengunjung blog. Sedangkan Eksternal Link adalah link yang dibangun sebagai hubungan antara halaman yang mengarah ke halaman website atau blog yang berbeda. hubungan antara halaman yang saling berkaintan tersebut menujukkan bahwa isi suatu web atau blog itu penting dimata web atau blog lain.

  4. Optimalisasi Gambar atau Visual dalam Postingan.

    Optimalisasi search engine (SEO) melalui gambar merupakan bagian yang tidak kalah penting. Penggalian traffic dari google image search tidak bisa dipandang sebelah mata, karena memberikan jumlah yang cukup signifikan. Dalam Google search sendiri, optimalisasi gambar juga dapat memberikan value, terutama pada pengayaan keyword di dalam konten

Demikian informasi dari saya semoga dapat membantu dan menginspirasi dalam membuat konten untuk blog SEO friendly 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *