Posted on

Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools

Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools

Hallo kawan-kawan, kali ini saya mau memberitahu Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools.

Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan website pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah.

Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuat URL sitemap karena untuk blogspot harus menggunakan URL khusus, berbeda dengan wordpress yang bisa langsung mengsubmit URL feed tanpa harus melakukan perubahan.

Cara submit sitemap di google webmaster tools :

  • Buka www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in
  • Lalu klik link URL blog yang ingin Anda proses
  • Setelah itu akan muncul jendela baru yang merupakan dashboard GWT blog Anda
  • Pada bagian sebelah kiri ada beberapa pilihan menu, klik PENGOPTIMALAN, lalu klik PETA SITUS
  • Pada layar tampilan sitemap bagian kanan ada pilihan, TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS
  • Jika blog Anda berplatform blogspot, maka masukkan feeds/posts/default ke dalam kolom yang tersedia dan klik MENGIRIM PETA SITUS (jika bukan blogger.com, maka masukkan sitemap dari blog Anda menurut platformnya)

Jika Anda ingin menggunakan lebih dari satu sitemap silahkan masukkan juga sitemap di bawah ini satu per satu sebagaimana langkah-langkah di atas :

sitemap.xml

atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Sedikit penjelasan untuk jenis sitemap yang terakhir di atas adalah untuk blog yang jumlah postingannya masih di bawah 500, jika blog Anda telah memiliki lebih dari 500 postingan, maka tambahkan lagi sitemap di bawah ini :

atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

Saya rasa dengan menggunakan tiga jenis sitemap itu sudah lebih dari cukup untuk mempercepat pengindeksan blog Anda di google meskipun masih ada jenis sitemap lainnya.

Pada saat mensubmit sitemap statusnya masih akan terlihat Tertunda, jangka waktunya bisa beberapa menit atau jam dan bahkan bisa lebih dari sehari, sitemap Anda akan di-crawl oleh googlebots dan akan terlihat jumlah URL yang telah berhasil diindex.

Sekarang silahkan lanjutkan dengan menghubungkan akun Google Webmaster Tools Anda dengan akun Google Analytics yang nanti akan Saya bahas.

Itulah sedikit informasi mengenai Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

sumber : www.caraseobali.com, wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *