Posted on

Cara Mendapatkan Backlinks Terbaru

Backlinks adalah faktor yang sangat menentukan halaman Anda mendapatkan peringkat yang bagus di hasil pencarian Google. Namun hanya mengandalkan meminta orang lain untuk mempromosikan link Anda di postingan kontennya tidak cukup untuk mendapatkan backlinks yang lebih banyak. Berikut ini adalah cara-cara untuk mendapatkan backlinks yang ampuh di tahun 2018 untuk menambah visibilitas halaman situs Anda di Google dan tidak mudah untuk digoyahkan.

Buat konten yang lebih menonjol

Caranya yang pertama adalah pilih konten yang sudah pernah Anda buat yang memiliki performa terbaik yang pernah Anda dapatkan, kemudian cari kata kuncinya di kolom pencarian Google. Lihat hasil yang keluar kemudian buat konten yang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan konten yang muncul pada hasil pencarian. Misalnya konten-konten yang muncul hanya menyebutkan kurang dari 10 rekomendasi aplikasi game RPG terbaik untuk smartphone. Anda bisa membuat konten dengan menyebutkan 20 game terbaik yang secara personal sudah Anda coba sendiri. Kemudian promosikan konten tersebut ke email, media sosial, dan sebagainya.

HARO (Help A Reporter Out)

Adalah sebuah platform yang mempertemukan antara jurnalis dan blogger dengan penyedia sumber referensi artikel. Dalam hal ini Anda sebagai penyedia sumber memiliki konten-konten yang kemudian bisa ditawarkan kepada para jurnalis maupun blogger yang mencari referensi untuk artikel buatannya. Dengan demikian nantinya pada artikel buatan mereka Anda bisa mendapatkan link untuk meningkatkan visibilitas halaman situs Anda baik di mata Google maupun pengguna internet. Anda bisa menggunakan akun HARO secara gratis maupun berbayar dengan fitur-fitur premium menarik tentunya.

Format konten yang tepat

BuzzSumo melakukan riset terhadap 1 juta blog post dan juga artikel yang dipublikasikan dan internet dan menemukan bahwa sebanyak 75% konten diabaikan dan tidak mendapatkan backlink maupun share. Namun di lain sisi BuzzSumo juga menemukan bahwa dari 25% konten yang mendapat banyak backlink dan share memiliki format konten yang  berpola. Format konten yang laris dapat backlink adalah konten berupa daftar, tutorial, kuis, konten yang menjawab pertanyaan, infografik, dan juga konten video. Tentu bukan jaminan konten Anda bisa viral hanya dengan membuat konten dengan format tersebut karena harus didukung dengan kualitas konten dan teknik SEO lainnya, namun setidaknya format ini bisa jadi panduan awal untuk membuat konten yang berpotensi untuk viral.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *