Posted on

Cara Mengatasi Situs yang Terkena Algoritma Google

Cara Mengatasi Situs yang Terkena Algoritma Google

Algoritma Google adalah sejenis ‘formula rahasia’ yang nyaris setiap bulan diperbarui oleh Google, yang tujuan utamanya untuk menyingkirkan blog-blog spam.

Jenis dari Algoritma Google, yang saya ketahui adalah algoritma google pinguin, panda, pengoin, hummingbird, dan algorithm update. Keluarnya berbagai macam atau varian Algoritma Google sudah ada sejak tahun 2000. Dengan semakin update algoritma dari google maka semakin bertambahnya tingkat ke amanan pada google.

Banyak para webmaster dan praktisi SEO pasti akan lebih berhati-hati dalam melakukan optimasi situs yang mereka kerjakan karena bila salah strategi bukan SERP yang bagus akan didapatkan tapi malah turun SERP nya atau bahkan bisa masuk sandbox.

Berikut bebrapa tips untuk memulihkan situs yang terkena dampak algoritma google  :

1. Ubah Onpage Optimization Situs
Onpage SEO adalah salah satu cara yang sangat diperlukan, tapi ingat jangan melakukan onpage optimization yang berlebihan karena akan membuat situs kita jelek di mata search engine.
Cara mengetahui Onpage over optimization

2. Hapus Backlinks Yang Buruk dan Bangun Kembali Backlinks Yang Baru
Menempatkan backlinks yang berlebihan pada situs, biasanya akan ada notifikasi di akun google webmaster, bahwa situs tersebut mendapat backlinks yang berlebihan. Untuk menghindari hal – hal yang tidakdi inginkan, maka kita perlu melakukan perbaikan backlinks secepatnya sebelum masalah yang lebih besar lagi terjadi.

3. Fokus Pada Kualitas Konten
Konten adalah bagian yang sangat penting dalam SEO, karena dalam konten itulah sebuah backlink berada. Fokus dalam membuat konten menjadi suatu acuan untuk terhindar dan memperbaiki pengaruh dari algoritma google. Berikan lah konten yang berkualitas.

4. Backlink Profile
Di saat bingung harus menempatkan backlink tapi khawatir terkena dampak algoritma goole, maka cara yang aman lainnya adalah dengan melakukan backlink profile. Caranya dengan membuat akun di sosial media atau forum, pada account (BIO) masukkan URL yang akan di berikan backlink.

Itulah beberapa tips dari saya dalam mengatasi situs yang terkena algoritma google penguin. Semoga bermafaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *