Posted on

Cara Mengoptimalkan SEO pada YouTube Video

Cara Mengoptimalkan SEO pada YouTube Video

Mencari tambahan uang dengan menjadi blogger adalah hal yang cukup lumrah. Namun ternyata, banyak blogger yang beralih profesi menjadi YouTuber.  Mereka beralih profesi karena menjadi Youtuber lebih menguntungkan dan relatif mudah dilakukan. Dari video-video yang mereka posting, mereka bisa memperoleh banyak uang. Uang ini berasal dari iklan yang ditonton oleh para penonton video anda. Untuk meningkatkan penghasilan anda dari sini, anda perlu memaksimalkan jumlah penonton dari video anda. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan SEO dari video-video anda. Dengan begitu, peringkat video tersebut akan naik  pada halaman pencarian YouTube dan semakin banyak orang yang melihatnya.

Cara mengoptimalkan SEO untuk blog tentu sedikit berbeda dengan cara mengoptimalkan SEO untuk Video YouTube.  Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengoptimalkan SEO YouTube.

Riset keyword terlebih dahulu

Langkah ini mirip dengan yang biasa dilakukan saat memilih keyword yang tepat untuk blog.  Riset ini akan membantu anda untuk mengetahui apa yang sedang populer saat ini. Dengan mengetahui apa yang sedang populer, anda dapat menentukan video apa yang akan anda buat. Untuk melakukan riset ini, anda dapat menggunakan Google Adword. Jika tool ini terlalu susah untuk anda operasikan, anda dapat menggunakan Google Trends. Google trends lebih mudah dioperasikan oleh pemula.

Gunakan Keyword dengan tepat

Penggunaan keyword yang dilakukan dengan tepat dapat membuat video anda lebih visible pada hasil pencarian YouTube. Yang pertama harus anda lakukan adalah menamai file video anda dengan keyword yang anda pilih. Dengan begitu, web crawler YouTube akan mengenali file video anda dengan mudah.

Selain itu, anda juga harus menggunakan keyword pada judul. Hal ini karena judul adalah hal pertama yang diindekskan oleh Google. Jika judul anda mengandung keyword, maka ranking video anda akan semakin ramah terhadap mesin pencari dan rankingnya semakin baik.

Keyword juga harus terdapat pada deskripsi video dan tag. Tulislah deskripsi video dengan ringkas dan jelas. Anda harus pastikan bahwa penggunaan keyword terlihat noatural dan dalam jumlah yang tepat. Sehingga, deskripsi tersebut tidak spamy. Penggunaan keyword pada tag dapat memberikan keuntungan tersendiri. Hal ini akan membuat video anda muncul pada sidebar saat ada video yang diputar memiliki tag yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *