Posted on

Hal-Hal yang Membuat Strategi SEO Anda Gagal

Hal-Hal yang Membuat Strategi SEO Anda Gagal

Banyak yang mengatakan bahwa SEO telah berakhir, khususnya untuk era algoritma penguin. Bahkan beberapa pemilik situs merasakan penurunan pada SERP dan traffic pengunjung. Tapi, setelah menggali informasi lebih detail serta melakukan riset mengenai perubahan pada search engine tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa sebetulnya teknik SEO masih dapat diandalkan. Hanya saja, harus kreatif dalam memodifikasinya agar tidak membuat blog Anda tamat. Sebab, bila tidak mengikuti peraturan yang diberikan oleh algoritma search engine, blog Anda akan kalah saing dan tergeser dari halaman pertama SERP.

Alasan Kenapa Strategi SEO yang Diterapkan Tidak Ampuh

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, mengapa strategi SEO yang diterapkan gagal? Itu karena Anda kurang kreatif dalam mengoptimasinya, sehingga memberi dampak yang buruh pada blog. Berikut hal-hal yang menyebabkan strategi SEO Anda gagal:

  1. Blog tidak dioptimasi dengan baik. Saat ini, optimasi SEO tidak hanya dengan menanam banyak backlink, tapi lebih dari itu. Sebab, Google bot sekarang melihat dan mengawasi blog Anda. Jadi, sudah seharusnya bila Anda memiliki konten-konten yang berkualitas dan memastikan bahwa konten tersebut disukai oleh pengunjung.

  2. Menggunakan trik SEO yang lama. Algoritma mesin pencari selalu berubah dari waktu ke waktu. Sehingga bila trik SEO Anda tidak bisa menyesuaikan perubahan tersebut, misalnya dalam hal kampanye SEO, bisa memperburuk blog di SERP.

  3. Memilih niche yang sulit. Jika niche yang dipilih terlalu sulit, maka Anda pasti tidak akan menang melawan kompetitor lain yang sudah terkenal dengan niche itu.

  4. Fokus kata kunci terlalu sempit. Kalau Anda memilih keyword atau kata kunci yang terlalu sempit alias jarang dicari, maka traffic yang didapatkan pun sangat sedikit. Oleh karena itu, Anda perlu memperluas keyword situs supaya mampu menjangkau pengguna internet, tapi masih pada niche yang sama.

  5. Tidak menggunakan media sosial. Sebuah kekeliruan besar apabila Anda mempunyai blog, tapi tidak menggunakan akun media sosial satupun. Sebab, sosial media merupakan tempat yang paling tepat untuk memasarkan blog Anda.

Proses SEO tidak terjadi secara instan. Anda butuh banyak waktu, bahkan hingga berbulan-bulan sampai terlihat hasilnya. Maka dari itu, bila mengalami hal di atas, teruslah berusaha dan sabar karena hasil akan datang pada waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *