Posted on

Ingin Tahu Bedanya SEO Onpage dan Offpage? Ini Bedanya!

Ingin Tahu Bedanya SEO Onpage dan Offpage? Ini Bedanya!

Search Engine Optimization atau yang selalu disingkat SEO sedang hangat diperbincangkan karena sangat membantu untuk membuat website yang kita miliki berada di halaman 1 Google atau mesin pencari lainnya sehingga mudah ditemukan oleh orang-orang. Ada 2 macam optimasi SEO yang bisa dilakukan yaitu Onpage dan Offpage. Ingin tahu bedanya SEO Onpage dan Offpage? Simak ulasan berikut ini

Optimasi SEO Onpage adalah segala upaya yang dilakukan oleh pemilik blog sehingga mendapatkan reputasi yang baik dan artikel atau blognya bisa mudah ditemukan oleh mesin pencari. 3 cara untuk optimasi SEO Onpage sebagai berikut:

1. Membuat Artikel

Membuat artikel yang dinilai baik unsur SEO Onpage nya dengan melakukan pendekatan google ranking faktor dari mulai membuat judul artikel atau postingan, membuat permalink yang teroptimasi dan masih banyak lagi caranya. Untuk melakukan optimasi artikel siapapun bisa melakukannya meskipun masih seorang blogger pemula yang penting harus mengetahui cara membuat artikel yang baik.

2. Merapikan Struktur Template

Merapikan struktur template sangat penting, contohnya saja jika kita menggunakan template yang responsive maka akan menjadi mobile friendly ketika diakses menggunakan smartphone. Selain itu juga harus merapikan template agar terhindar dari duplikat konten yang tidak disukai oleh mesin pencari. Untuk merapikan template ini Anda harus memiliki kemampuan yang memahami struktur template, bagi Anda pengguna blogger baru atau pemula bisa menggunakan template yang sudah SEO Friendly yang banyak  dishare oleh para blogger lainnya.

Optimasi SEO Offpage adalah segala upaya yang dilakukan para pemilik website di luar websitenya sendiri tetap masih memberi dukungan pada websitenya tersebut. Yang harus dilakukan untuk melakukan optimasi SEO Offpage dengan memahami google ranking faktor. Selain itu juga bisa melakukan beberapa hal berikut:

1. Promosi (Baik Secara Online maupun Offline)

Promosi online biasanya dilakukan dengan memakai media sosial misalnya Facebook, dengan memcantumkan alamat website atau blog kita dan ini akan menaikkan pada traffic website kita. Sedangkan promosi offline dengan cara mempromosikan alamat website kita dengan cara apapun agar banyak yang mengetahui alamat website kita dan menaikkan traffic website kita.

2. Membangun Backlink

Untuk pemula pasti belum begitu paham dengan backlink. Backlink adalah link yang ada di blog orang lain dan apabila kita klik akan menuju halaman website atau blog kita. Hingga sekarang backlink merupakan faktor paling besar pengaruhnya untuk menaikkan traffic website di mesin pencari.

Itulah bedanya SEO Onpage dan Offpage. Keduanya sangat penting untuk menaikkan traffic website kita. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *