Posted on

Jenis Google Untuk Melakukan Optimasi SEO Pada Blog

Jenis Google Untuk Melakukan Optimasi SEO Pada Blog – Ada beberapa aplikasi Google yang bermanfaat bagi pengoptimasian sebuah blog. Blog sendiri biasa digunakan untuk berbagi sebuah cerita, tulisan ataupun berita. Tetapi, kurang pas rasanya jika melakukan kegiatan blog tanpa melakukan optimasi SEO. Fungsinya apa sih? Agar blog yang kita miliki lebih dikenal orang lain dan bisa dijadikan sebagai blog panutan hehe.

Melakukan optimasi SEO terhadap sebuah blog tentu bukanlah hal yang mudah. Tidak semudah membalikkan telapak tangan tentunya. Tetapi, jika kamu bisa lebih mengenal jenis aplikasi Google yang baik untuk melakukan pengoptimasian ini akan lebih menyenangkan.

Berikut adalah jenis Google untuk melakukan optimasi SEO pada blog :

1. Google Analytics
Google Analytics berfungsi untuk melihat kinerja blog ataupun iklan. Analytics dapat memberikan laporan berupa trafik dan statistik pengunjung dari situs website maupun blog. Laporan yang diberikan oleh Analytics lebih lengkap dan saling berkaitan, ia akan berhubungan dengan Adwords maupun Adsense. Mulai dari, laporan harian, bulanan dan juga tahunan. Analytics akan bermanfaat bagi kamu karena dapat melihat aktivitas iklan Adwords yang dipasang di Google. Sehingga, kamu bisa mengoptimalkan traffik web maupun blog.

2. Google Adwords
Fungsi dari Google Adwords adalah sebagai tempat pemasangan iklan. Adwords digunakan untuk memasang dan mengelola iklan sebuah produk atau website melalui seorang publisher. Adwords dijadikan sebagai salah satu jenis Google untuk Blog karena, ia memiliki fasilitas keywords planner biasanya digunakan untuk menargetkan keyword iklan.

Google Adword akan menyediakan data pencarian kata kunci dalam waktu yang bisa kamu tentukan sendiri, persaingan dan harga tawaran iklan pun akan muncul secara detail. Kamu bisa mencari kata kunci yang biasa digunakan oleh orang lain dengan jumlah persaingan yang minim. Dan besar kemungkinan blog kamu bisa berada di halaman pertama Google.

3. Google Adsense
Google Adsense. Pasti kamu sudah sangat familiar dengan kata-kata itu. Adsense memang sudah sering digunakan oleh kalangan blogger karena bisa menghasilkan uang. Namun, karena banyaknya peminat menjadi seorang publisher. Akhirnya, Adsense menjadi lebih selektif dalam mencari seorang publisher. Google Adsense akan menampilkan iklan sesuai dengan keyword yang disediakan oleh advertising kepada publisher.

Tidak hanya menampilkan penghasilan publisher, Google Adsense juga menyediakan laporan mengenai berapa banyak iklan yang ditampilkan, harga iklan dan jenis iklan. Laporan ini bisa kamu gunakan untuk cara kamu menaruh iklan supaya lebih baik lagi. Dan selain itu, kamu juga bisa menghapus jenis iklan yang berharga murah, sehingga kamu bisa meningkatkan penghasilan bulanan kamu.

Semoga bermanfaat! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *