Posted on

Jenis-Jenis Niche Blog pada Artikel

Jenis-Jenis Niche Blog pada Artikel

Niche Blog adalah Tema / Topik sebuah blog yang membahas suatu masalah menjadi lebih spesifik. Niche sangat di perlukan untuk membuat artikel SEO, sebab jika niche yang kalian buat tidak banyak yang menyukai, maka akan berpengaruh pada blog yang bisa di pastikan turun dan tidak menghasilkan apa-apa.

Dalam memilih niche blog, kita harus mengoptimalkan pada minat pembaca, sehingga pada saat kalian membuat sebuah artikel SEO, para pembaca paham bahwa kalian sedang membahas hal ini dengan topik ini.

Fungsi dari Niche blog yaitu untuk mempersempit topik blog dan lebih mendekatkan ke target pasar. Dengan kata lain, pemilik blog dengan mudah menarik pengujung yang tertarget.

Jenis – Jenis Niche Blog Pada Artikel

Berikut adalah jenis – jenis niche blog berdasarkan pandangan John James Robinson dalam ebooknya The Authority Site Adsense Guide.

  1. Whole-niche : adalah niche blog yang membahas seluruh jangkauan topik. Ambil contoh jika blog Anda membahas seputar Digital Marketing, maka Anda membahas seluruh topik, mulai dari cara melakukan marketing online, panduan Digital Marketing, penginputan atau pendaftaran sistem marketing online dll.
  2. Broad-niche : adalah niche blog yang tidak membahas keseluruhan topik, melainkan sebagian besar topik. Contoh jika blog Anda membahas seputar Kursus Website, maka blog Anda akan membahas tentang kursus web master, materi yang di pelajari, dan hasil yang di dapat dari kursus web master
  3. Themed-niche : adalah niche blog yang sudah mengarah ke suatu topik tertentu saja. Misalnya blog Anda topiknya seputar Blogger, maka pembahasan di blog Anda hanya SEO off page untuk blogger saja.
  4. Micro-niche : adalah niche blog yang sangat sempit dan begitu terarah detail. Misal topik blog Anda adalah seputar blogger, maka pembahasan di niche blog Anda nantinya hanya membahas seputar SEO on page khusus riset keyword.

Pentingnya mengetahui apa jenis niche dari blog kamu agar kamu lebih gampang mengoptimalkannya. Semoga artikel Jenis – Jenis Niche Blog Pada Artikel ini bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *