Kecepatan loading website sangat berpengaruh untuk kenyamanan  pengunjung, bayangkan saja jika Anda berkunjung ke suatu toko pakaian, saat Anda sudah datang tetapi pemilik toko tidak kunjung membukakan dan membiarkan Anda terus berdiri didepan tanpa mempersilahkan Anda masuk.

Jika hal ini terjadi dengan saya, maka saya akan pergi dan tidak akan mengunjungi toko itu dilain waktu meskipun toko itu menjual pakaian yang murah dengan kualitas oke.

Sudah memahami asumsi diatas? Jika sudah mengapa Anda tetap mengabaikan kecepatan loading website.

Seberapa Cepat Seharusnya Loading Website?

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Google telah menemukan bahwa sebuah situs yang memuat dalam waktu 1-3 detik memiliki kemungkinan kenaikan 32% dalam bounce rate. Selain itu, situs yang memuat dalam 1-5 detik mungkin akan memiliki peningkatan 90% dalam bounce rate.

loading website

Cara untuk mencapai waktu loading halaman website yang disarankan Google

Banyak faktor yang menyebabkan kecepatan loading laman web yang lambat. Gambar, JavaScript, dan jumlah permintaan yang dikirim biasanya membuat browser sibuk dan pengguna jadi menunggu lama.

Mari kita lihat beberapa cara yang direkomendasikan oleh Google untuk memastikan bahwa komponen yang tak terhindarkan ini dijaga agar tetap pada tingkat yang sederhana sehingga pengalaman pengguna tetap menyenangkan, dan situs web Anda mendapatkan lebih banyak Return On Investment (ROI).

Mengoptimalkan gambar untuk kecepatan

Gambar meyumbang sebagian besar muatan yang diterima oleh browser. Mengoptimalkan gambar dapat meningkatkan kecepatan dan pada akhirnya membantu dalam memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Gambar yang dioptimalkan dengan baik adalah ide yang menarik bagi Anda untuk pengalaman pengguna yang baik. Anda dapat melakukan ini dengan menerapkan tiga taktik berbeda di situs web Anda – Lazyload, CDN, dan Responsif.

Apa itu lazy load, dan bagaimana pengaruhnya terhadap kecepatan halaman?

Andaikan saja jika situs web Anda bergerak dibidang fashion, maka sebagian besar isinya adalah gambar. Karena Anda tidak dapat berkompromi pada kualitas gambar, Anda mungkin akhirnya mengunggah gambar dengan ukuran 1MB atau lebih dari 5 MB.

Anda harus memahami bahwa mayoritas populasi di seluruh dunia masih menggunakan internet yang lambat. Situs web Anda akan membuat mereka kesulitan karena menghilangkan data internet yang berharga bagi mereka, dan yang lebih penting, waktu! Di sinilah Lazy Load dapat membantu Anda.

Anda dapat mengaktifkan Lazy Load di situs web Anda dengan menambahkan beberapa kode JavaScript. Jika Anda menggunakan instalasi WordPress, ada banyak plugin yang bisa Anda gunakan.

Masih ada beberapa lagi yang biasanya mempengaruhi loading suatu website, Anda bisa langsung mengunjungi gtmetrix.com dan melakukan optimasi apa saja yang diperlukan disana.