Posted on

Manfaat dan Jenis Sitemap untuk SEO

Manfaat dan Jenis Sitemap untuk SEO

Sitemap adalah sebuah tautan yang dibuat oleh website dengan memiliki keterkaitan agar memudahkan Search Engine melakukan pergerakan link ke seluruh konten yang dimiliki oleh website Anda. Sehingga proses pencarian akan semakin mudah dan cepat apalagi kalau konten yang Anda buat itu original tanpa copy atau paste.

Apa apakah Anda harus membuat sitemap? Nah, jika website/blog yang Anda miliki memiliki banyak artikel yang selalu up-to-date, maka Anda diwajibkan memiliki sitemap. Apa fungsinya? Sitemap disini bisa berguna sebagai meningkatkan rank di Search Engine. Fungsi lainnya adalah bisa menaikkan traffic pengunjung, mengapa demikian? Karena jika pengunjung sedang membutuhkan sebuah artikel A, maka dia akan fokus mencarinya. Dan bisa jadi jika artikel Anda menarik apalagi original itu akan menambah nilai plus di Search Engine.

Sitemap yang perlu Anda ketahui :

1. Sitemap XML RSS Feed

Sitemap ini menggunakan bahasa XML atau Extended Markup Language. Bisa dibuat secara manual dengan copy paste link artikel yang sudah Anda buat. Jika Anda tidak paham Anda bisa menggunakan Sitemap Generator yang sudah disediakan oleh Google. Gunakan keyword ‘Sitemap Generator’ untuk mendapatkannya.

2. HTML Sitemap

Sitemap dengan menggunakan HTML ini akan dipenuhi oleh daftar URL yang akan berbentuk dengan tag HTML.

3. Sitemap dalam bentuk Zip

Sitemap dalam bentuk Zip ini harus dalam varian Unix. Hati-hati dalam menggunakan Sitemap dengan bentuk Zip ini, karena jika Anda salah maka Sitemap tidak akan terdeteksi oleh Search Engine.

Jika Anda telah menggunakan salah satu sitemap di atas, maka dengan otomatis web Anda akan lebih mudah dicari dan akan rank pun akan naik secara perlahan.

Semoga bermanfaat! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *