Posted on Leave a comment

Masalah Link SPAM Dalam SEO

Jika berbicara tentang optimasi website untuk lebih populer, orang tuntut menyarankan menggunakan SEO. Teknik SEO tentu sudah banyak digunakan dan sangat populer. Tapi hal ini juga menyebabkan banyak orang menyalah gunakannya.

Salah satu bentuk penyalahgunaan SEO ini adalah link spam. Walaupun penggunaan link seharusnya baik untuk membangun popularitas website, menggunakan link dengan buruk dapat berakibat negatif. Penggunaan yang buruk inilah yang disebut link spam.

Apa Itu Link Spam?

Link buruk yang menyebabkan link spam adalah praktek yang termasuk teknik black hat SEO. Link yang tergolong seperti ini didapat dengan mempost link di forum yang tidak berhubungan dengan konten website atau post comment dengan link di berbagai tempat.

Link seperti ini tentu tidak memiliki nilai berarti dan terkesan asal. Dulu saat Google tidak memiliki algorithm sebaik sekarang, teknik spam ini banyak digunakan dan memiliki efek. Walaupun begitu, sekarang hal ini sudah bisa dideteksi Google.

Selain link di luar website, spam link juga bisa berupa link yang ada di dalam website Anda. Banyak orang membayar website – website tertentu untuk memastikan mendapat link yang bisa digunakan untuk konten.

Walaupun tidak salah menggunakan link dari luar, hal ini menjadi salah jika Anda berusaha memainkan algorithm. Banyak pihak membuat link – link (link farm) dan dijual hanya untuk keperluan SEO dan hal ini tidak baik.

Apa Pengaruh Link Spam Pada Website?

Seperti yang disinggung di atas, jika Google mengetahui kondisi penggunaan link spam pada website Anda. Hukuman atau penalti akan dijatuhkan. Hal ini bisa berupa penurunan ranking sampai penghapusan website dari daftar cari Google.

Bentuk penyampaian hukuman ini ada dua yaitu:

  • Manual Penalty

Hukuman yang satu ini biasanya dikirim oleh pihak Google langsung. Biasanya hal ini terjadi saat seseorang mengirim komplain tentang link spam dalam website tertentu pada Google. Dari complain ini pihak Google akan melakukan review dan menentukan status website tersebut.

Jika ketahuan link spam, pihak Google akan mengirim pesan berupa e-mail ataupun pesan langsung di Google search console Anda. Jika peringatan ini sudah muncul, artinya pembuat website harus memperbaiki link spam ini jika ingin kembali dapat ditemukan di Google Search

  • Algorithmic Penalty

Hukuman yang ini biasanya tidak separah manual penalty tapi sama – sama merugikan. Jika link spam Anda ketahuan oleh bot dan algorithm dari Google, ranking website Anda akan langsung anjlok. Hal ini biasanya tanpa peringatan dan berjalan secara otomatis.

Untuk mempelajari seluk beluk seputar SEO dengan lebih baik, mengapa tidak kursus di DUMET School saja? DUMET School adalah tempat kursus untuk segala sesuatu usaha yang berhubungan dengan internet. Hal seperti membuat website, menyusun bisnis online dan bahkan internet marketing bisa dipelajari di sini. Ayo segera bergabung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *