Posted on

Memilih Domain yang Tepat pada SEO Website

Memilih Domain yang Tepat pada SEO Website

Memilih Domain Yang Tepat Pada SEO WebsiteDomain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi dari Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet untuk melakukan akses ke server, selain itu juga digunakan untuk mengingat nama server yang dikunjungi.

Nama domain yang asli adalah berupa deretan angka yang rumit untuk dikenali sebagai IP address. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Menggunakan nama domain ternyata berpengaruh juga dalam menjalankan SEO. Dengan menggunakan nama Domain yang tepat untuk SEO maka akan mempermudah untuk menjalankan SEO pada website tersebut. Berikut adalah beberapa tips memilih domain yang tepat pada SEO website, yaitu :

1. Pilih nama domain sesuai dengan nama bisnis

Dengan menggunakan nama anda ataupun nama bisnis yang dijalani dalam website tersebut akan dapat memudahkan dalam SEO karena secara tidak langsung kata kunci yang di gunakan akan langsung terbaca juga pada domain tersebut.

Contoh : Bila website tersebut adalah website yang menjual jasa kursus mengenai digital marketing atau kursus SEO, maka teman-temanĀ  dapat menggunakan nama domain yang berhubungan dengan kursus digital marketing atau kursus SEO seperti www.kursusseo.org atau www.kursusinternetmarketingjakarta.com

2. Pilih nama domain sesuai dengan nama sendiri

Untuk website yang menggunakan nama sendiri biasanya adalah website/ blog pribadi, maka sebaiknya teman-teman menggunakan nama sendiri nama panggilan sebagai domain

3. Pilih nama domain yang mudah diingat

Menggunakan nama domain yang mudah diucapkan, dimengerti, dan diingat dapat memberikan efek positif jika ada seseorang yang menayankan nama domain temna-teman secara verbal. Dengan domain yang terlalu panjang atau sulit dimengerti pasti akan sulit diingat atau bahkan bisa membuat bingung orang lain.

4. Menggunakan TLD (Top Level Domain)

TLD .com adalah eksetensi domain yang paling mudah diingat orang. Misalnya ketika ada domain dengan kata yang sama, orang akan mencoba membuka situs dengan ekstensi dot com terlebih dahulu.

5. Jangan menggunakan nama domain yang berbaru SARA atau PORN

Domain yang mengandung SARA atau PORN akan memberikan dampak buruk pada situs teman-teman dan juga tentunya tentang image si pemiliknya karena google biasanya berorientasi pada kata kunci, bila domain mengandung kata-kata yang berbau SARA, maka hal ini akan mengakibatkan situs tersebut diblacklist.

6. Hindari penambahan kata-kata atau karakter

Penambahan kata-kata atau karakter yang tidak perlu yang tidak perlu pada domain sepertiĀ  penggunaan tanda minus, angka, atau huruf tambahan dapat mempengaruhi kekuatan SEO sebuah situs. Tapi bila memang harus terpaksa menambahkan karakter pada domain, maka sebaiknya anda menggunakan tanda minus (-)

7. Jangan membeli nama domain yang sudah menjadi merek dagang

JIka menggunakan nama domain yang sudah dimiliki oleh suatu perusahaan atau sudah menjadi merek dagang seperti www.dumetschool.com maka bisa jadi perusahaan tersebut akan menuntut domain penjiplak tersebut.

Itulah beberapa tips dalam memilih domain yang tepat pada SEO website, pilihlah suatu kebutuhan berdasarkan kebutuhan yang ada dan jangan menggunakan sesuatu yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *