Kata kunci yang membantu orang untuk bisa menemukan konten Anda di internet. Ketika pengguna menginginkan sesuatu mereka memikirkannya terlebih dahulu dan menuju Google untuk mengetikkan sesuatu yang dipikirkan.

Google kemudian mencari untuk menemukan konten yang cocok dengan kumpulan kata-kata yang diketikkan pencari.

Semakin berkualitas konten yang terkait dengan pencarian, semakin tinggi kemungkinan konten muncul dibagian teratas (dibawah konten iklan pastinya) dan tentunya Konten yang memiliki SEO yang baik. Dampaknya, konten akan menghasilkan lebih banyak prospek, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan ROI.

riset keyword

Mengapa harus riset keyword?

Riset kata kunci sebelum membuat konten sangat diperlukan, karna dimaksudkan menentukan apa yang ingin Anda targetkan untuk bisa dioptimalkan nantinya.

Sangat sayang sekali rasanya jika Anda sudah membuat suatu artikel yang original dan mengarang dengan sedemikian rupa tetapi kata kunci yang Anda gunakan tidak dicari orang atau hanya sedikit, terlebih buat Anda yang mengandalkan pendapatan dari Adsense.

Riset keyword (Google Keyword Planner) juga bisa kita gunakan untuk mengetahui persaingan di search engine Google, seperti rata-rata pencarian perbulannya dan biaya perkliknya. Karna semakin ketat atau tinggi persaingan maka semakin besar biaya perkliknya.

Long Tail Keywords

Long tail keywords atau kata kunci ekor panjang ini lebih mudah persaingannya daripada keyword utama yang terlalu pendek seperti “jeans”.

Keyword jenis ini sebenarnya lebih spesifik dan mendapatkan peluang lebih untuk diklik karena menampilkan hasil yang lebih terarah, misalkan jenis kata kunci “jeans” itu terlalu umum. Anda bisa menggunakan long tail keyword misalkan “celana jeans pria sobek”.

Jenis kata kunci ini persaingannya memang lebih sedikit tetapi bisa menampilkan hasil yang benar-benar ingin dicari oleh pengguna, maka pertimbangkanlah untuk menggunakan kata kunci jenis ini.

Banyak yang masih mengabaikan untuk melakukan riset keyword karena dengan berbagai alasan seperti ribet dan lainnya, tetapi setelah mengetahui fungsinya Anda bisa melihat dan mempertimbangkan pentingnya melakukan riset keyword.