Posted on

Mengenal Profesi SEO dan Apa yang Dikerjakan

Mengenal Profesi SEO dan Apa yang Dikerjakan

Hallo kawan-kawan, kali ini saya mau memberitahu tentang Mengenal Profesi SEO dan Apa yang Dikerjakan.

Pasti kalian sering mencari informasi lewat internet, terutama lewat mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Pada search engine tidak jauh yang kalian ketik yaitu kata kunci untuk menemukan yang kalian cari, lalu muncul daftar situs yang memiliki relevansi dengan kata kunci tersebut. Kemudian kalian pernah berpikir kenapa di halaman depan Google hanya 10 situs saja yang muncul dan bagaimana situs tersebut bisa muncul di sana ? Nah, di sana lah tugasnya Search Engine Optimizer, lebih lengkapnya berikut ini Mengenal Profesi SEO dan Apa yang Dikerjakan.

Pengertian SEO

SEO merupakan sebuah konsep mengoptimasi sebuah website agar muncul pada halaman mesin pencari seperti Google. SEO itu tidak harus ada di halaman pertama, tetapi lebih diutamakan berada di halaman pertama. Karena tujuan website ada di halaman pertama mesin pencari agar audiens yang mencari sesuatu di mesin pencari membuka website kita yang ada di halaman pertama tersebut. Hal ini menguntungkan kita untuk mendapatkan trafik atau meningkatkan penjualan produk jika kita menjual produk secara online di website, karena jarang sekali audiens mencari sesuatu pada halaman kedua, ketiga dan seterusnya, kecuali untuk mengetahui tempat kompetitor menanam backlink.

Cara Agar Website Berada di Halaman Pertama Mesin Pencari

Nah, inilah tugas dari seorang pengoptimasi website. Seorang pengoptimasi website bertugas menjadikan website agar memiliki reputasi baik pada mesin pencari seperti Google. Caranya yaitu membuat konten yang berkualitas, memasang meta tag seperti keyword dan deskripsi (SEO On Page), lalu menyebarkan link website ke berbagai social media atau website berkualitas yang bisa ditanam link website kita, istilahnya backlink (SEO Off Page). Sampai di sini website yang dioptimasi harus terlihat hasilnya, mulai dari ranking website naik sampai trafik dari visitor meningkat.

Catatan: Danny Sullivan, seorang pengamat internet marketing asal Amerika Serikat adalah sosok pertama yang memperkenalkan konsep Search Engine Optimizer pada tahun 1996.

Itulah sedikit informasi mengenai Mengenal Profesi SEO dan Apa yang Dikerjakan. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *