Posted on

Menjadi Seorang Blogger Yang Bertanggung Jawab

Menjadi Seorang Blogger Yang Bertanggung Jawab – Menjadi seorang blogger yang bertanggung jawab merupakan hal yang harus diterapkan pada sikap setiap blogger. Mereka wajib memberikan informasi yang bisa dipercaya oleh pengunjung lainnya. Jadi, tidak hanya wartawan, blogger pun harus mengupas tuntas masalah yang dimiliki oleh seorang pengunjung.

Penulis artikel harus bisa mempertanggung jawabkan apa saja yang telah ditulis. Jangan hanya memberikan konten artikel agar menghasilkan uang saja, tapi lihat apa faedahnya bagi si pembaca. Biasanya, pembaca akan lebih tertarik dengan artikel yang memiliki Judul menarik. Tentunya, kalian sebagai blogger yang bertanggung jawab, wajib menulis isi konten sesuai dengan judul yang telah dibuat ya.

Nah, disini saya akan membahas mengenai bagaimana cara menjadi blogger yang bertanggung jawab. Penasaran seperti apa? Berikut adalah cara menjadi seorang blogger bertanggung jawab :

1. Memberikan Informasi
Menjadi seorang blogger professional, kalian harus bisa memberikan konten artikel yang membuat si pembaca merasakan manfaatnya. Buatlah sebuah artikel yang memang dibutuhkan oleh mesin pencari, bukan kalian yang membutuhkan mereka. Artikel yang dibutuhkan oleh pembaca akan lebih sering muncul dihalaman pertama dibandingkan dengan artikel yang diinginkan pembaca. Kenapa? Karena, pembaca membaca sebuah artikel berdasarkan kebutuhan mereka.

Buatlah sebuah blog yang human friendly, jadi nggak hanya SEO friendly. Dengan begitu, pengunjung akan lebih nyaman berlama-lama di dalam blog kamu. Karena, Google sendiri lebih suka menilai sebuah blog dari banyaknya pengunjung yang datang.

2. Jangan COPAS
Sebagai blogger yang bertanggung jawab, harap untuk tidak pernah melakukan copy-paste artikel dari artikel orang lain. Disebabkan, artikel yang di copy dari orang lain sama saja mengambil hak cipta dan itu bisa menyebabkan akibat yang fatal untuk blog kamu. Daripada berujung pahit, lebih baik dari awal kalian pikirkan secara matang dulu, mau buat artikel apasih? Makna yang diberikan nanti ke si pembaca apa? Gitu. Kalau mentok, ya minimal 90% tulisan sendiri dan 10% dari sumber lain.

3. Jangan Buat Konten SARA
Membuat sebuah konten artikel yang bersifat SARA itu tidak diperbolehkan. Karena nantinya, antara si pembaca dan komentator lainnya akan saling menghujat satu sama lain. Buatlah artikel yang sopan dan berkualitas.

Semoga bermanfaat! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *