Posted on

Negative SEO : Pengganggu Nyata Sebuah Website

Negative SEO Pengganggu Nyata Sebuah Website

SEO merupakan standar yang diterapkan untuk menyaring website agar bisa diletakkan dalam peringkat sesuai kualitasnya. Sedangkan negative SEO merupakan rangkaian tindakan yang bertujuan untuk merusak atau menyabotase peringkat website di search engine. Jadi negative SEO bisa merusak peringkat sebuah  website untuk ditampilkan di halaman depan search engine. Upaya ini umumnya dilakukan oleh hacker, spammer, dan oleh kompetitor yang tidak sehat. Teknik yang digunakan untuk melakukan negative SEO dikenal dengan nama black hat.

Bentuk Negative SEO

Ada banyak bentuk yang dilakukan untuk merusak citra dari website tersebut diantaranya:

–               Hacking atau meretas website sehingga tidak bisa digunakan dnegan maksimal.

–               Mengirim banyak link spam ke website bertujuan agar website juga dianggap sebagai spam.

–               Menyalin isi konten sama persis kemudian diletakkan di website lain. Hal ini tentunya menimbulkan duplikat konten yang sudah pasti tidak lolos SEO.

–               Membangun banyak link tak berkualitas di berbagai tempat di website.

–               Menghilangkan link penghubung terbaik yang dimiliki oleh website.

–               Menciptakan akun baru untuk menghancurkan reputasi dari website yang dimiliki.

Dampak yang terjadi jika sudah terkena serangan dari negative SEO adalah sulitnya mengembalikan reputasi website sehingga sulit untuk berada di halaman depan search engine lagi. Apalagi persaingan bisnis sekarang sedang banyak-banyaknya sehingga tersedia banyak jasa yang menawarkan negative SEO untuk menyerang kompatitornya.

Cara menghindarkan website dari negative SEO

Ibarat sebuah penyakit, jika sudah terkena negative SEO maka akan sangat sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itulah ada baiknya untuk melakukan pencegahan sebelum negative SEO datang ke website. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah masuknya egatif SEO.

–               Menggunakan email alert webmaster tools sehingga saat ada gangguan seperti malware, website tidak bisa diindeks, server bermasalah, mendapat manual penalty, maka secara otomatis akan diberi notifikasi oleh pihak Google.

–               Pastikan untuk mengetahui backlink yang sudah dibangun. Adapun tools yang bisa dimanfaatkan untuk cara ini adalah ahrefs.com dan opensiteexplore.org. Dengan mengunjungi dua website tersebut, perkembangan website pribadi akan mampu dilacak dan diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *