Posted on

Optimasi SEO Untuk Situs Mobile Anda

Mungkin semua pengusaha yang terjun dalam bidang bisnis online sudah tahu bahwa SEO adalah jalan untuk meningkatkan peringkat kontennya di halaman pencarian terutama Google. Banyak juga yang sudah sadar untuk membuat situs yang mobile-friendly untuk memudahkan pengguna yang kini lebih banyak menggunakan ponselnya untuk beraktivitas secara online. Namun hanya sedikit yang melakukan optimasi SEO pada situs mobile-nya dan memberikan UX yang buruk kepada para pengunjung situsnya. Hal ini bisa menyebabkan konversi yang rendah meski traffic-nya tinggi. Apa yang bisa dilakukan untuk optimasi SEO untuk mobile?

Mempercepat waktu loading

Pengguna mobile lebih tidak sabaran dibandingkan dengan pengguna desktop. Lebih dari 40% pengguna mobile akan meninggalkan halaman yang membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk dibuka, sementara waktu loading satu detik lebih lama mengakibatkan penurunan konversi sebesar 7%. Begitu juga dengan indeks Google yang lebih memprioritaskan situs dengan kecepatan loading yang cepat sementara yang membutuhkan waktu lama akan terlempar jauh di belakang. Jadi pastikan Anda melakukan optimasi kecepatan loading halaman situs untuk rangking yang bagus.

Menghilangkan gangguan yang mengurangi kenyamanan

Ketika melakukan indeks, Google akan mengutamakan situs-situs yang memberikan UX lebih baik untuk nangkring di halaman depan hasil pencariannya. Oleh karena itu halaman situs dengan gangguan-gangguan yang bisa merusak kenyamanan pengguna lama kelamaan akan makin mundur ke belakang dan berakibat pada menurunnya konversi. Gangguan-gangguan tersebut misalnya seperti pop-up yang menutup seluruh halaman, pop-up yang muncul ketika pengguna sedang membaca konten, konten yang tersembunyi dan mengharuskan pengunjung untuk melakukan hal yang diminta oleh pop-up tersebut.

Mengoptimalkan elemen sentuh

Jika ada elemen sentuh pada situs mobile Anda, misalnya kotak centang, pilihan untuk kuis, dan elemen sentuh lainnya, pastikan bagian yang harus disentuh tidak terlalu kecil dan membuat pengunjung sering salah pencet karena ukurannya yang tidak sesuai untuk penggunaan mobile. Pengalaman pengunjung dalam menggunakan situs Anda akan jatuh drastis apabila elemen sentuhnya justru susah untuk disentuh secara akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *