Posted on

Panduan Search Engine Optimization (SEO) untuk Pemula

Apakah Search Engine Optimization (SEO)?

SEO pada dasarnya adalah suatu disiplin ilmu marketing yang berfokus pada bagaimana cara untuk mengoptimalkan penggunaan mesin pencari. Apabila Anda memiliki sebuah blog atau website, tentunya Anda ingin blog atau website Anda dikunjungi oleh banyak orang. Misalnya, dalam website tersebut Anda sedang mengiklankan usaha Anda atau Anda hanya sekedar ingin membagikan informasi. Maka, dengan meningkatnya jumlah kunjungan, diharapkan usaha Anda juga semakin berkembangnya. Sayangnya, para pengunjung kemungkinan belum mengetahui adanya website atau blog Anda. Yang mereka lakukan ialah mengetik kata kunci tertentu pada bar Google dan kemudian memilih salah satu dari sekian banyak blog yang muncul. Website atau blog Anda dapat dikatakan memiliki kemampuan SEO yang baik, apabila ia berada pada halaman terdepan mesin pencari atau bahkan pada baris-baris atas. Sehingga, pengunjung akan secara otomatis mengeklik blog atau website Anda.

Apakah manfaat SEO?

Seperti yang telah dijelaskan di atas. Secara umum manfaat utama dari optimasi mesin pencari adalah blog Anda akan terdaftar pada halaman-halaman mesin pencari ketika pengunjung mengetikkan kata kunci. Implikasinya tentu lebih dari itu. Blog atau website Anda akan lebih “eye-catching” dan para pengunjung akan lebih sering mengunjungi blog Anda tersebut. Apabila blog Anda telah dimonetisasi, tentunya semakin banyak pengunjung, semakin banyak pula pendapatan Anda. Jika website Anda digunakan sebagai media usaha, hal ini diharapkan pula akan meningkatkan angka penjualan Anda.

Bagaimana cara meningkatkan SEO?

Secara teori, banyak sekali hal yang harus diterapkan. Beberapa diantaranya adalah melakukan survey kata kunci dan meletakkan kata-kata kunci tersebut pada bagian-bagian tertentu dalam artikel. Hal ini cukup efektif namun sayangnya hampir semua blogger juga melakukan hal yang sama. Maka dari itu, hal yang terpenting adalah meningkatkan kualitas isi dari blog atau website Anda. Pastikan artikel-artikel Anda menarik dan enak diabaca tanpa harus terlalu berfokus pada kata kunci. Selain itu, menambahkan gambar-gambar yang orisinal dan menarik juga perlu untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *