Posted on

Pengertian dan Cara Mengetahui Jumlah Backlink dengan Google Webmaster Tool

Pengertian dan Cara Mengetahui Jumlah Backlink dengan Google Webmaster Tool

Google sebagai perusahaan teknologi terbesar di dunia memiliki banyak fitur dan fasilitas, salah satunya adalah Google Webmaster Tool. Bagi sebagian orang yang berkecimpung di dunia SEO pasti sering mendengar kata “Google Webmaster Tool”. Sebenarnya apa itu Google Webmaster Tool dan apakah kita bisa mengetahui jumlah backlink dengan Google Webmaster Tool? Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai pengertian dan cara mengetahui jumlah backlink dengan Google Webmaster Tool

Google Webmaster Tool merupakan salah satu fitur dari Google yang memudahkan pengguna situs atau blog dalam ruang lingkup mesin pencari. Dengan menggunakan Google Webmaster Tool kita sebagai pengguna bisa melihat aktifitas situs dalam mesin pencari.

Fitur ini adalah fitur yang paling akurat untuk mengetahui jumlah backlink situs kita. Cara mengetahui jumlah backlink dengan Google Webmaster Tool cukup mudah. Pertama yang harus kita lakukan mendaftarkan situs kita di Google Webmaster Tool sehingga kita memiliki akun Google Webmaster Tool.

Jika sudah memiliki akun Google Webmaster Tool masuk ke halaman dashboard dan klik url situs yang ingin dicek jumlah backlinknya. Di bagian kiri terdapat beberapa menu dan submenu untuk memaksimalkan situs kita. Klik Search Traffic kemudian klik pada submenu Links To Your Site. Muncul lah di bagian bawah Total Links, di bagian itu kita bisa melihat jumlah backlink situs milik kita.

Jika ketika di lihat pada Total Links tidak ada datanya itu berarti situs kita masih tergolong situs baru. Tidak usah khawatir karena nanti tetap akan ada jumlah backlinknya jika data dari Google sudah masuk ke Google Webmaster Tool.

Selain Google Webmaster Tool masih banyak cara lain untuk mengetahui jumlah backlink situs kita. Jika menggunakan Google Webmater Tool kita tidak dikenakan biaya alias gratis namun ada cara lain yang dikenakan biaya misalnya seperti menggunakan Ahrefs Site Explorer dan Backlick Checker. Sebenarnya ada juga versi gratisnya namun ada juga versi yang berbayar.

Itulah pengertian dan cara mengetahui jumlah backlink dengan Google Webmaster Tool. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *