Posted on

Pengertian Keyword Density dalam SEO

Pengertian Keyword Density dalam SEO

Bagi Anda yang telah menggeluti dunia SEO, istilah keyword density pasti tidak asing lagi. Keyword density digunakan untuk mengoptimalkan blog supaya bisa muncul di halaman utama hasil pencarian. Tanpa adanya optimasi kata kunci, kemungkinan blog untuk muncul di sana hanya beberapa persen. Jadi, keyword density merupakan salah satu teknik optimasi SEO yang sangat penting untuk diterapkan.

Keyword density sendiri berarti kepadatan kata kunci, yang merupakan hasil dari pengulangan kata kunci. Contoh pada artikel yang terdiri atas 300 kata terdapat pengulangan kata kunci sebanyak 12 kali. Maka keyword densitynya adalah 4%. Mengenai berapa persen keyword density yang ideal untuk SEO, masih banyak yang memperdebatkannya. Tapi, untuk Google idealnya antara 1,5% dan 3,5%, sedangkan selain Google, seperti Bing atau Yahoo, keyword density yang baik ialah 5%.

Hal ini harus dipertimbangkan karena selain mempengaruhi posisi blog, berguna supaya tidak dianggap spam oleh search engine. Akan lebih baik bila Anda menjaga keseimbangannya atau menggunakan kata kunci yang sesuai porsi, tidak berlebihan atau kurang. Untuk mengukur mengetahui kepadatan kata kunci yang tepat, Anda bisa memanfaatkan software keyword density checker. Ada banyak pengukur kepadatan kata kunci yang tersedia di Google dan memberi layanan secara online.

Kalau Anda benar-benar memperhatikannya sebelum membuat postingan, kemungkinan artikel muncul di posisi terbaik search engine akan semakin besar. Perlu diketahui bahwa blog yang muncul di halaman pertama search engine biasanya mendapat klik yang lebih banyak dibanding halaman-halaman berikutnya.

Tapi, optimasi keyword density saja bukan jaminan untuk mengantarkan blog ke halaman utama, mengingat ada faktor lain yang mempengaruhinya, seperti relevansi dan sebagainya. Oleh sebab itu, selain menerapkan keyword density, Anda harus mengetahui cara optimasi SEO blog yang tepat.

Algoritma Google terus diperbarui, sehingga sebagai pemilik blog Anda diwajibkan untuk mempelajari SEO apabila ingin berhasil. Membuat konten yang berkualitas dan dibutuhkan oleh pengunjung sangat diperlukan untuk meningkatkan traffic blog. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *