Posted on Leave a comment

Pentingnya Merawat Links dan Links Management pada SEO

Menggunakan link pada website maupun konten tentu memiliki banyak manfaat dalam ranking di Google. Walaupun begitu banyak orang takut menggunakan hal ini karena melibatkan banyak resiko. Penggunaan link yang buruk bisa berdampak negatif pada ranking website dan hal ini tidak boleh dianggap remeh.

Untuk memastikan Anda menggunakan links dengan tepat guna, Anda perlu merawat links dan melakukan links management. Jangan buat links untuk konten sekali dan melupakannya. Anda perlu tahu bahwa links bisa kadaluarsa. Jika sudah begitu, links yang tadinya baik bisa berupa jadi bad links.

Bad Links

Bad links adalah istilah untuk links yang tidak baik untuk dipakai dan menurunkan ranking website. Contoh bad links antara lain:

  • Links yang mati
  • Links yang tidak berhubungan dengan topik
  • Links yang diambil dari website tidak jelas
  • Links yang berasal dari link farm

Bentuk bad links yang biasanya terjadi pada website adalah links mati dan off topic links. Hal ini terjadi karena website yang di link sudah tidak ada atau kartunya sudah tidak relevan (kadaluarsa).

Contoh untuk links mati tentu sudah jelas. Anda membuat konten dan memberi link ke artikel yang berhubungan. Namun artikel yang berhubungan itu sudah tidak ada lagi karena kontennya sudah di hapus. Hal ini membuat website Anda memiliki links mati.

Contoh untuk links yang sudah tidak berhubungan atau off topic, misal saja Anda membuat konten tentang luar angkasa. Pada awal 2000 Anda memiliki konten soal planet dan didalamnya menjelaskan Pluto dan memberi link tentang hal ini. Link ini tentu sekarang sudah tidak relevan karena pluto sudah tidak digolongkan sebagai planet. Karena infonya salah, link Anda bisa tergolong off topic.

Links Management

Jika Anda memiliki banyak konten dan menggunakan banyak links, Anda tentu perlu tool untuk mendeteksi links – links yang Anda gunakan. Tool ini sudah banyak tersedia dan mudah digunakan. Beberapa tools bahkan memberikan alert saat ada links yang mati atau sudah berubah kontennya.

Mengelola links memang tidak bisa dianggap remeh. Anda lengah sedikit saja, website Anda bisa turun rank karena links menjadi rusak. Tapi jika Anda mampu memastikan links menyala dan berkualitas, website Anda akan melejit di ranking dan bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Jika Anda ingin belajar lebih banyak penggunaan links untuk SEO yang benar, mengapa tidak mendaftar dan belajar di DUMET School. DUMET School adalah tempat kursus untuk bahasan tentang membuat website, mengatur jaringan, teknik SEO dan memaksimalkan bisnis online.

Tenaga pengajar di sini sangat ahli di bidangnya dan komunitasnya memastikan Anda dapat membangun koneksi untuk saling belajar. Jadi tunggu apa lagi? Segeralah bergabung ke sini untuk mencapai kesuksesan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *