Posted on

Perbedaan Antara Outbound Link dengan External Link

Perbedaan Antara Outbound Link dengan External Link

Setiap website pasti ingin mempunyai banyak backlink yang masuk ke dalamnya. Namun, setiap website tidak akan bisa terhindar dari yang namanya outbound link. Outbound link ini sama seperti external link, yaitu mengarahkan dari website kita ke link website lain, lalu apa perbedaannya ? Berikut ini Perbedaan Antara Outbound Link dengan External Link.

Outbound Link

Dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai link keluar, yaitu dari website kita mengarah ke website lain yang masih relevan atau satu topik (niche). Jika kalian pernah ikut lomba blog dan syaratnya memasang link websitenya di halaman artikel atau website kita, itulah yang disebut dengan outbound link. Outbound link ini menguntungkan website yang kita pasang link-nya di website kita. Website lain yang kita pasang link-nya akan mendapat backlink dari website milik kita.

External Link

Sama seperti outbound link diartikan sebagai link keluar juga, mengarahkan dari website kita ke website lain dari link yang ada di dalam halaman website kita. Apa perbedaannya antara external link dan outbound link ? Ternyata tidak ada perbedaannya, karena mempunyai pengertian yang sama, tetapi antara external link dan outbound link bisa dibedakan dari pembahasan. Outbound link dibahas saat ada pembahasan mengenai SEO, external link dibahas ketika ada pembahasan mengenai website saja, menurut saya begitu.

Catatan

Link keluar berdampak buruk di mesin pencari bagi website jika terlalu banyak. Biasakan jika ingin menyarankan membuka link website lain, gunakan atribut (rel=”nofollow”). Namun, untuk internal link (link yang masih berhubungan dengan website kita) gunakan atribut (rel=”dofollow”).

Itulah sedikit informasi mengenai Perbedaan Antara Outbound Link dengan External Link. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *