Posted on Leave a comment

Perkembangan Penggunaan SEO

Bagi Anda yang menggeluti usaha di internet tentu tidak asing lagi dengan SEO. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Bagi para pembuat konten, SEO ini penting digunakan agar konten yang dihasilkan mudah ditemukan oleh algorithm.

Walaupun menjadi basis penting SEO ini selalu berubah dari masa ke masa. Pihak Google yang memiliki search engine terbesar di dunia selalu merubah dan memperbaiki algorithm-nya. Hal ini menyebabkan banyak pembuat konten harus menyesuaikan diri.

Jika Anda tertarik mengikuti perkembangannya. Berikut adalah cerita dan gambaran singkat tentang perubahan SEO.

Tentang SEO

Pada awal perkembangan popularitas internet. SEO sebetulnya tidak begitu diperhatikan. Hampir semua pembuat konten bebas membuat apa yang mereka inginkan. Setelah kepopuleran Google. Banyak orang mencari tahu seluk beluk perhitungan algorithm-nya.

Setelah diusut, ternyata Google menggunakan sistem kata kunci dalam pencarian website. Karena hal ini semua pembuat konten berusaha mencocokan kata kunci yang banyak dicari dengan konten yang mereka buat. Walau efektif, hal ini membuat banyak pihak yang nakal membuat website spam dan memenuhi halaman depan Google.

Perkembangan berikutnya terjadi saat Goolge memutuskan bahwa kata kunci saja tidak cukup. Akhirnya mereka membuat sistem algorithm yang menganalisis struktur kata kunci dalam website tersebut. Apakah kata kunci memiliki link? Apakah ada banyak website lain yang membuat referensi pada konten tersebut? Seberapa banyak orang menekan link dari konten tersebut?

Karena hal ini, sistem SEO menjadi lebih rumit dan terstruktur. Semua pembuat konten akhirnya berusaha untuk memuaskan algorithm tersebut. Sayangnya pihak yang nakal masih sering bermunculan dan memanfaatkan kesempatan. Algorithm dari Google memang memiliki banyak loophole tapi bukan berarti hal ini boleh dimanfaatkan. Contoh loophole yang dilarang digunakan adalah sebagai berikut

  • Link Spam

  • Keyword Stuffing

  • Cloaking

  • Teks dan Link terselubung

Jika website ketahuan menggunakan teknik – teknik di atas, website tersebut akan di band dan hilang dari pilihan pencarian Google.

Perkembangan Terakhir SEO

Untuk SEO yang berlaku pada tahun 2018 – 2019 ini, algorithm SEO berbasis retensi. Jika pengguna meluangkan banyak waktu berinteraksi dengan konten, rangking website tersebut akan naik. Tentu parameter seperti kata kunci dan lirik tetap dipakai, tapi sekarang hal yang paling penting adalah pengunjung.

Jadi sebaik apapun konten yang dibuat untuk memuaskan algorithm, rangkingnya tidak akan tinggi jika tidak dapat mengikat pengunjung. Bayangkan saja artikel yang terlalu rigid dengan aturan SEO sehingga terkesan dibuat untuk robot dan bukan manusia. Orang yang membaca hal tersebut juga akan merasa aneh dan akhirnya pergi. Karena pengunjung tidak memiliki retention lama pada konten tersebut, akhirnya link website tersebut tidak muncul di halaman depan Google.

Belajar SEO Lebih Detail

Jika Anda ingin mendapatkan pengetahuan tentang SEO yang paling terbaru dan paling lengkap, Anda bisa ambil kelas di DUMET School. Tempat kursus berbagai hal tentang internet ini akan memberikan pembelajaran tentang pembuatan website, membuat mobile app, bisnis online dan masih banyak lagi. Jika tertarik, segeralah mendaftar sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *