Posted on Leave a comment

Rekomendasi SEO Tools Untuk Para Pemula

Menjadi ahli dalam SEO tentu sulit apalagi jika Anda sekarang masih pemula. Walaupun jalannya panjang, Anda sebetulnya bisa menggunakan tool yang akan membuat masalah SEO Anda makin ringan.

Tool SEO ini bisa berbentuk macam – macam. Mulai dari keyword tool, analytic tool dan bahkan link management tool. Untuk mengetahui tool SEO mana yang paling cocok untuk dicoba, berikut adalah beberapa rekomendasinya:

Ahrefs Keyword Tool

Ahrefs ini merupakan tool SEO yang dapat melakukan scan menyeluruh pada website Anda dan menunjukan beberapa keyword yang perlu diperbaiki dan diganti. Tidak hanya itu, Ahrefs ini juga mampu memberikan rekomendasi optimasi website yang berguna untuk Anda.

Ahrefs juga memiliki kemampuan sebagai website crawler. Bahkan jika dibandingkan, website crawler Ahrefs adalah nomor 2 setelah Google. Bagi Anda yang tidak tahu, website crawler adalah berbagai program dan script yang bertugas melakukan scan pada banyak website. Google biasanya menggunakan script ini untuk mencari website dan menyesuaikannya dengan preferensi keyword Anda saat menggunakan search engine.

Website crawler pada Ahrefs melakukan scan website untuk mendapatkan arahan status SEO. Misal saja Anda membuat website jual barang. Ahrefs akan melihat website yang satu topik dengan Anda dan memperlihatkan backlinks yang sering digunakan para kompetitor Anda. Menggunakan informasi ini, Anda bisa mulai merencanakan bagaimana membuat website yang sama bagusnya atau lebih baik dari segi SEO.

Google Search Console

Google menawarkan tool ini secara gratis bagi siapa saja yang memiliki website. Search Console ini dapat digunakan untuk memantau status website Anda pada Google SERP. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mendapatkan kode verifikasi dan mengaplikasikannya pada website Anda.

Cara lain untuk menggunakan fitur pemantau ini adalah dengan mendaftarkan website Anda pada Google Analytics dan submit sitemap Anda untuk indexing. Jika sudah terdaftar, Anda bisa mengatur bagaimana Google menampilkan website Anda di Google Search.

Hal ini penting untuk menarik para pengunjung. Anda juga bisa memberi highlight pada konten yang memiliki SEO tinggi sebagai sampel. Menggunakan fitur ini, Anda dapat mengoptimasi algorithm search untuk menemukan user yang memang tertarik dengan konten Anda.

SEO Tools lain tentu masih banyak, namun kedua tools di atas adalah yang paling banyak digunakan. Anda juga masih bisa melakukan research mandiri untuk mendapatkan tool lain yang mungkin cocok dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin belajar lebih banyak tentang SEO dan optimasi website, mengapa tidak mendaftar dan belajar di DUMET School. DUMET School adalah tempat kursus untuk bahasan tentang membuat website, mengatur jaringan, teknik SEO dan memaksimalkan bisnis online.

Tenaga pengajar di sini sangat ahli di bidangnya dan komunitasnya memastikan Anda dapat membangun koneksi untuk saling belajar. Jadi tunggu apa lagi? Segeralah bergabung ke sini untuk mencapai kesuksesan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *